BALIK ATAS
Negara Fiji Ingin Belajar dari Indonesia
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 14th Desember 2018
| 509 DIBACA
Dalam Suasana Kegiatan Forum Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia serta Pasifik Selatan di Jayapura, kemarin (Foto:Istimewa)

Jayapura,Perwakilan dari Kedutaan Fiji, Isaac Grace, dalam kunjungannya ke Jayapura, mengatakan, negaranya ingin belajar banyak dari Indonesia. Tak hanya pada bidang ekonomi, Fiji ingin belajar dari Indonesia untuk berbagai bidang tertentu.

“Karenanya melalui forum yang digelar Pemerintah Indonesia di Papua, kita harap bisa ditindaklanjuti dengan membangun kerjasama, termasuk pertukaran informasi ketiga negara baik dari PNG, Fiji dan Indonesia.

“Sebab hubungan baik antar negara memang harus tetap terjaga. Sehingga kerjasama bisa terlaksana sesuai yang diinginkan. Apalagi 70 persen kesuksesan dalam kerjasama terjadi dalam networking maupun pertukaran informasi,” terang dia di Jayapura, kemarin.

Dia katakan, beberapa waktu lalu Kementerian Luar Negeri RI telah mengunjungi Fiji untuk meminta melakukan kegiatan road show di Pasifik Selatan. Dimana dalam kegiatan itu, mendapat pujian dari masyarakat Fiji.

Karenanya, dia berharap ada konektivitas transportasi yang dibangun untuk bisa menghubungkan kedua negara. “Makanya perlu ada pertemuan lanjutan antara pemerintah Indonesia dan Fiji”.

“Selanjutnya dalam pertemuan itu, kita membicarakan dengan baik hal-hal yang perlu dilakukan sehingga rencana kerjasama yang diinginkan bisa berjalan sesuai harapan.

Sebelumnya, Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Suzana Wanggai, mendorong penandatangan kerja sama dengan Fiji di berbagai bidang dengan Pemerintah Fiji.

Dia berharap peluang itu mesti lekas dimanfaatkan oleh pemerintah provinsi termasuk para pelaku usaha di bumi cenderawasih, dengan berlomba-lomba menghasilkan satu produk yang dapat dijual ke negara pasifik.

“Dimana ada sekitar 14 negara di Pasifik Selatan, yang dapat dijadikan sebagai peluang untuk meningkatkan ekonomi provinsi ini. Sekali lagi peluang ini harus kita tangkap. Apalagi Papua punya hubungan baik dengan negara pasifik. Sehingga kerja sama dengan PNG dan Fiji ini bisa kita jadikan ‘jembatan’ atau ‘pintu masuk’ untuk membangun kerja sama seluruh negara pasifik,” terang dia.

Suzana pada kesempatan itu mengapresiasi Pemerintah Pusat yang saat ini telah banyak menginisiasi pertemuan dengan sejumlah negara pasifik. Hal demikian mematahkan anggapan banyak pihak bahwa selama ini pemerintah seolah-olah ‘tutup mata’ dengan peluang ekonomi yang ada Pasifik Selatan.

papua.go.id

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM