BALIK ATAS
Noken Berlogo PON ? Pengrajin Noken Segeralah Pasarkan Produknya
PENERBIT:PPWI MEDIA Redaksi PAPUALIVES.COM 10th Februari 2019
| 196 DIBACA
https://papua.go.id/files/news/1549587708.tas%20anyaman%20noken%20yang%20dijual%20para%20pengrajin%20asal%20Papua.JPG
Ilustrasi Noken (Foto: Istimewa)

Jayapura,Pemerintah Provinsi Papua menilai tahuun ini merupakan saatnya yang tepat bagi pengrajin di bumi cenderawasih, untuk mulai memperkenalkan produk noken berlogo Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Papua, Anike Rawar, waktu pelaksanaan iven empat tahunan itu tinggal beberapa bulan saja. Untuk itu, ia berharap para pengrajin agar mulai memasarkan hasilnya sehingga bisa populer di kalangan publik.

“Intinya saya hanya berharap agar semua pengrajin di Papua bisa menangkap peluang dengan akan diselenggarakannya PON. Sebab sampai anyaman menyerupai noken berlogo PON dari Pulau Jawa misalnya, yang justru masuk beredar dan populer di Papua.”

“Sebab kita ketahui kalau mesin anyaman di Pulau Jawa sangat canggih. Sementara pengrajin di Papua masih dengan buatan tangan. Hanya memang kita di Papua dari segi keunikan dan budaya lebih unggul. Tapi jangan sampai hal ini justru dimanfaatkan pengrajin dari luar Papua,” harap ia di Jayapura, kemarin.

Dikatakan, instansinya setiap tahun rutin menyelenggarakan pameran dari noken dengan harapan kerajianan ini lebih makin populer di era modernisasi saat ini. Kendati demikian, dia berharap para pengrajian di Papua pun wajib mengikuti perkembangan jaman saat ini.

Diantaranya dengan mengemasnya kerajinan noken hasil anyamannya menjadi semenarik mungkin, sehingga bisa bersaing dengan berbagai produk maupun oleh-oleh lainnya saat penyelenggaraan PON XX.

“Intinya pengrajin harus memiliki kemampuan untuk menangkap sejumlah peluang usaha yang berpotensi muncul. Bukan sampai disitu, produk yang disajikan saat ini harus semenarik mungkin dan serba modern. Sebab tak dipungkiri saat ini sudah serba modern sehingga hal itu juga berpengaruh pada nilai jual barang yang ditawarkan pengrajin,” jelasnya.

Dia tambahkan kedepan untuk memacu para pengrajin menghasilkan produk yang menarik, pihaknya berencana melombakan dalam satu pameran. Dengan harapan bisa memacu seluruh pengrajin untuk mengemas hasil kerajinannya menjadi semenarik mungkin dan layak dijadikan oleh-oleh PON.

papua.go.id

Berikan Komentar Anda