BALIK ATAS
Noken Papua Siap Dipasarkan PON 2020
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 15th Maret 2018
| 566 DIBACA
Noken asli karya mama-mama Papua (Foto:IST)

Jayapura , Salah seorang Pedagang Noken asal Papua, Ibu Anas Edowai mengatakan, khususnya kami mama-mama Papua siap akandipasarkan noken Papua pada (PON) 2020 mendatang. Karena, noken merupakan salah satu identitas diri orang Papua yang telah membudaya yang kian telah terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya Bangsa Papua yang  dapat diakui dunia.
“Iya, noken Papua itu kan sudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Papua kan. Oleh karena itu, langka selanjutnya ada ditangan kami, artinya kami harus buktikan di depan public bahwa kenyataan yang sebenarnya dimata banyak negara,”kata Edowai, Rabu, (15/03/2018).

Menurut dia, jika kami tidak dipasarkan atau tidak memamerkan kenyataan ini maka tentunya orang lain tidak akan percaya bahwa noken Papua adalah salah satu warisan budaya yang kian terpopuler di domestic maupun dunia Internasional.

“kami ingin membuktikan bahwa salah satu budaya Papua ‘Noken’ merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi orang Papua yang memunyai multifungsi yang secara resmi disahkan oleh organisasi Internasional yaitu UNESCO,”katanya.

Kata Anas, kami sangat bangga kepada pemerintah Indonesia dalam hal ini kepada Titus Pekei sebagai Ketua Pengurus. Sehingga, akhirnya noken Papua berhasil terdaftar pula telah diakui sebagai sesuatu yang multifungsi bagi orang Papua di mata dunia.

“Hulu cukup berbeda, artinya noken yang memunyai multifungsi tersebut telah tertutup versi puiblik. Namun, via pelbagai upaya oleh pejuan kita bapak Titus Pekei akhir perjuangan beliau dapat berhasil maka perjuangan selanjutnya ada ditangan kami orang Papua sebagai negerasi penerus bangsa Papua untuk ke depan,”jelasnya.

Christian Degei

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM