Balik Atas
Pembangunan Rel KA Dimulai 2016 Gunakan DIPA Kemenhub
 
Pewarta: Redaksi Edisi 15/02/2016
| 1304 Views

Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy, SH

Manokwari,15/02/2016,PAPUALIVES.COM – Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy,SH melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan bersama Gubernur di wilayah Timur seperti Bali, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat di Jakarta pekan kemarin.

Dalam pertemuan tersebut mereka membahas tentang DIPA Kementrian Perhubungan yang intinya tentang evaluasi pengusulan program yang bersumber dari dana APBN untuk pembangunan transportasi Udara, laut maupun darat di wilayah indonesia timur.

Untuk Provinsi Papua Barat, yang menjadi konsentrasi adalah pembangunan jalur rel kereta api yang menghubungkan wilayah Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, hingga Sorong Selatan dimulai pada tahun 2016 ini.

Dimana Anggaran pembangunan rel kereta api tersebut sepenuhnya akan di tanggung oleh pemerintah pusat melalui DIPA Kementrian perhubungan, demikian disampaikan Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy,SH kepada wartawan di gedung Auditorium PKK Pemerintah Provinsi Papua Barat, Senin (15/02/2016).

Kata Wagub, Papua barat pun mendapat bantuan pembukaan akses transportasi kapal penumpang jalur utara yaitu, Manokwari, Teluk Wondama, Numfor, Nabire dan biak Pulang pergi.

Sedangkan untuk wilayah Selatan, meliputi Manokwari, Kota Sorong, Sorong Selatan, Kaimana dan kembali, dan juga Papua Barat akan mendapat bantuan penambahan Kapal.

Selain itu Papua Barat pun akan mendapat bantuan berupa perpanjangan landasan bandara dimana daerah yang memiliki panjang landasan 700 meter, akan diperpanjang hingga 1600 meter. Dengan demikian bukan hanya pesawat perintis yang mendarat, sehingga bisa menekan harga tiket pesawat. “Bantuan pun akan diberikan berupa peningkatan sarana bandara. Untuk meningkatkan kualitas layanan” ujar Irene.

Pada kesempatan itu, lanjut Irene, Papua Barat akan mendapat bantuan bus penumpang. Jika tahun sebelumnya hanya kota Sorong maka tahun ini, seluruh kabupaten akan memperolehnya.

Untuk meningkatkan pengawasan di wilayah perairan maka provinsi ke-33 ini juga akan memperoleh bantuan kapal patroli untuk membantu mengawasi kejahatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. “Saat ini, Papua Barat, sedang menyusun segala kebutuhan menyangkut transportasi agar terakomodir seluruhnya dalam Dipa 2016” tuturnya.

Menurut mantan penghuni gedung senayan ini, pemerintah tahun ini menerapkan konsep yang cukup bagus dalam mengucurkan dana DIPA. Dana itu tidak serta merta diberikan, namun dapat dievaluasi terutama menyakut program yang menjadi kebutuhan daerah. Dengan demikian papua Barat, dapat mengusulkan program pembangunan teruama bidang perhubungan yang akan diajukan.

“Dalam satu minggu ini, penyusunan harap segera selesai.agar daat diserahkan. Pak Menteri menekankan, Pembangunan rel kereta api jalur Manokwai-sorng harus imulai 2016” paparnya.(ars)

WIYAINEWS.COM

Berikan Komentar Anda
Link Banner