BALIK ATAS
Pembangunan Terminal, Wakil Wali Kota Jayapura lakukan inspeksi luasan lahan
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 22nd September 2018
| 275 DIBACA
KONTRAKTOR PENYEDIA JASA MENUNJUKKAN PATOK BATAS LAHAN KEPADA WAKIL WALI KOTA JAYAPURA IR H RUSTAN SARU, MM DIDAMPINGI PLT KADISHUB SEFNATH KAMBUAYA, SSOS, MSI

Jayapura,Menindaklanjuti proses pembangunan Terminal Tipe A Entrop, Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM lakukan inspeksi luasan lahan pasca penggusuran. “Ada 3 hal, yang pertama memastikan kondisi real luasan lahan 2 ½ hektar pasca penggusuran beserta bangunan yang kiranya masih berada di dalam area terminal, lalu ada bangunan pos Satpol PP yang masuk ke dalam area terminal nantinya akan didiskusikan oleh Disperindagkop dan Dinas PU, lalu saya akan minta kontraktor memaksimalkan waktu tiga bulan agar selesai tahap pertama,” katanya meninjau lahan Terminal Tipe A Entrop, Rabu 19 September 2018.

Kondisi real luasan lahan terminal 2 ½ hektar harus bebas dari bangunan liar. Hal tersebut telah ditinjau oleh Wakil Wali Kota bersama Plt Kepala Dinas Perhubungan Sefnath Kambuaya, SSos, MSi, Dinas PU Provinsi Papua Aston Siagian, Satpol PP dan Kontraktor penyedia jasa. Pengecekan berdasarkan segmen yang telah disepakati Pemerintah Kota Jayapura dan warga terdampak pembangunan, dengan 1 meter dihibahkan di sebelah barat terminal sebagai akses jalan. Terdapat 31 Kepala Keluarga (KK) yang telah terdata sebagai warga terdampak pembangunan, yang kompensasinya telah diatur.

Bagian Selatan lahan terminal terdapat empat sampai lima KK yang terdampak pembangunan terminal. Dinas Perhubungan dan Dinas PU diminta mendata warga tersisa untuk diatur kebijakan pemerintah perihal kompensasi. Hal kedua, Wakil Wali Kota menyoroti luasan lahan terminal yang masuk ke area pasar Entrop. Terdapat bangunan pos Satpol PP yang terkena batas lahan pembangunan.

“Perlu koordinasi antara Disperindagkop dan Dishub untuk memastikan bagaimana solusinya apakah dibongkar posnya dan dibangun yang baru atau bangunannya tetap ada namun diambil sisi kiri dari pos saja, nanti akan dibahas dengan perhubungan ke depannya yang mudah-mudahan bisa selesai minggu depan,” katanya.

Terakhir, Wakil Wali Kota meminta kepada pihak ketiga yakni penyedia jasa kontraktor agar segera dan memaksimalkan waktu tiga bulan bekerja. Sehingga target bulan Desember 2018 bisa terselesaikan untuk tahap awal, lalu masuk tahap kedua untuk fisik.

Humas Setda Kota Jayapura

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM