BALIK ATAS
Pemerintah Kota Jayapura akan Intervensi Sejumlah bahan Pokok
PENERBIT:PPWI MEDIA Redaksi PAPUALIVES.COM 8th Desember 2018
| 193 DIBACA
WAKIL WALI KOTA JAYAPURA IR H RUSTAN SARU, MM BERSAMA TPID DI SWALAYAN SAGA MALL
Wakil Walikota Jayapura Ir.H.Rustan Saru,MM bersama TPID di Swalaya Saga Mall Ketika melakukan Sidak (Foto:HumasKotaJayapura/PapuaLives)

Jayapura , Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Jayapura melakukan sidak pasar perihal kebutuhan pokok, yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM. Sidak tersebut menghasilkan keputusan untuk mengintervensi sejumlah bahan pokok seperti telur ayam, cabai dan ikan. “Tiga hal ini menjadi perhatian pemerintah menggandeng Bulog Divre Papua dan TPID untuk melakukan operasi pasar agar stok dapat tersedia di pasaran menjelang hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Sehingga harga tidak melonjak naik, kalau bisa diturunkan,” katanya dalam sidak di Swalayan Agro Sejuk Abepura, Kamis 6 Desember 2018.

Pemerintah Kota Jayapura menggandeng Bulog Divre Papua dan TPID akan mengintervensi sejumlah bahan pokok di wilayah Abepura dan titik lain di Kota Jayapura. Untuk cabai import memiliki harga Rp 70.000 per kilo, sedangkan cabai lokal bisa mencapai Rp 100.000 per kilo. Hal tersebut dikarenakan petani lokal menaikkan harga jual cabai kepada distributor menjelang hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Intervensi dilakukan untuk menormalisasi harga kebutuhan pokok yang melonjak. Dengan mendatangkan cabai ke Kota Jayapura untuk dijual dengan harga murah, serta telur ayam yang mengalami lonjakan harga akan didatangkan dari luar dengan harga jual murah. “Intervensi untuk mengurangi beban masyarakat, juga untuk stok di gudang swalayan terbilang mencukupi hingga hari raya Natal dan Tahun Baru bahkan satu bulan setelahnya,” katanya.

Rute sidak di pasar Youtefa ditemukan harga ikan terutama ekor kuning dan cakalang mengalami lonjakan dari Rp 25.000 menjadi Rp 30.000. Telur ayam dari Rp 2.000 menjadi Rp 2.200, khusus di pasar Youtefa menjadi Rp 2.500. Lonjakan lain dialami oleh cabai rawit dari harga awal berkisar Rp 60.000 hingga Rp 80.000 menjadi Rp 90.000 bahkan menyentuh Rp 100.000. Untuk kebutuhan bawang, sayur-mayur, beras, gula pasir, minyak goreng dan daging ayam cenderum normal.

Kemudian, sidak di swalayan Hypermart Abepura ditemukan hampir semua bahan pokok memiliki harga normal bahkan ada yang mengalami turun harga. Swalayan Saga Mall mengalami kenaikan telur ayam lokal menjadi Rp 3.000 lebih mahal dibandingkan Hymerpart Rp 2.500 dengan produk yang sama. Hal tersebut bergantung pada negosiasi pengelola swalayan dengan produsen atau pengusaha agar menurunkan harga kebutuhan pokok tersebut. Swalayan Agro Sejuk Abepura memiliki harga cabai yang cukup tinggi mencapai Rp 104.000 per kilo. Akan tetapi, harga telur ayam lokal yang sama di Saga Mall memiliki harga Rp 2.200.

Humas Setda Kota Jayapura

Berikan Komentar Anda