Pemkot Jamin Kebutuhan bahan Pokok hingga Februari 2019

Kadisperindakop Kota Jayapura Robert LN Awi, ST, MT ketika hadir dalam acara Halo Warga Kota dI RRI PRO 1 Jayapura. (Foto: ISTIMEWA)

Jayapura,Pemerintah Kota Jayapura menjelang perayaan Natal 25 Desember 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2018 telah mengadakan sejumlah invertensi pasar. Hal tersebut guna menekan laju inflasi jelang hari raya keagamaan, maka TPID Kota Jayapura telah meninjau kondisi harga kebutuhan pokok. “Komoditas telur ayam dan beras masih aman stoknya, di gudang sejumlah swalayan juga masih tercukupi, komoditas yang harganya berpotensi naik akan diintervensi oleh pemerintah melalui operasi pasar, karena kebutuhan naik jelang hari raya dan stok aman hingga Februari 2019,” katanya Kepala Disperindagkop Kota Jayapura Robert LN Awi, ST, MT pada siaran Program Halo Warga Kota di RRI Pro 1 Jayapura.

Mengantisipasi permintaan yang meningkat jelang hari raya, Pemerintah meningkatkan distribusi kebutuhan bahan pokok dan mengadakan event operasi pasar dan pasar murah di beberapa titik di Kota Jayapura. Hal tersebut agar warga Kota Jayapura dapat terbantu dalam memperoleh kebutuhan pokok tersebut.

Ketergantungan Kota Jayapura terhadap bahan pokok menurut Kadisperindagkop berkisar 70% mengandalkan pasokan dari Surabaya. Jika terjadi kelangkaan di Surabaya seperti gagal panen atau bencana alam, maka akan sangat berpengaruh di Kota Jayapura. Sekitar 30% bahan pokok merupakan produksi lokal di Kota Jayapura yang tidak hanya diperuntukkan bagi warga kota saja melainkan didistribusi ke beberapa kabupaten seperti Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura.

Operasi pasar yang diadakan bersama TPID pada Kamis 13 Desember 2018 lalu, diharapkan menjadi efek domino kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga secara tidak wajar. Harga beras misalnya sudah ditentukkan pemerintah berdasarkan kualitasnya baik premium, sedang hingga kualitas rendah. Stok bahan kebutuhan pokok aman hingga Februari 2019 di Kota Jayapura, masyarakat dihimbau untuk membeli kebutuhan pokok sewajarnya sesuai kebutuhan rumah tangganya.

Humas Setda Kota Jayapura

Berikan Komentar Anda

Recommended For You