BALIK ATAS
Pempov Papua Diminta segera Renovasi Asrama Kamasan I Jogja
Diterbitkan Oleh: Redaktur Date 3rd Juli 2018
| 140 Dibaca
Kondisi saat ini  Gedung asrama mahasiswa Papua, Kamasan I, Jln. Kusumanegara (Foto:Aria/PapuaLives)

Yogyakarta, Gedung asrama mahasiswa Papua, Kamasan I, Jln. Kusumanegara, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang pernah direnovasi pada tahun 2012, yakni asrama aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua  kondisinya saat ini sangat memprihatinkan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua asrama mahasiswa Papua, Jogja, Paulus Samon kepada media papualives.com, Senin (2/6/2018) bertempat halaman asrama mahasiswa Papua, Jogja.

Paulus menjelaskan, pada tanggal 26 Juni 2018, ratusan penghuni  asrama Papua pernah mengadakan rapat. Dalam rapat tersebut  mengakui terakhir kali Pemprov merenovasi asrama pada tahun 2012, namun terdapat kerusakan para di kamar madi, loten , Plapon , Atap  Kramit peca-peca karena bahan bangunan tidak bertahan lama.

“keluhan tuntutan Mahasiswah Papua yang menuntut Ilmu  di Kota studi  Yogyakarta  yang berdiam  di asrama Papua, Kamasan 1  Yogyakarta  yangjuga sebagai  aset Pemprov Papua ini  sedikit kit lagi jadi bangkai ,” katanya kepada Papua Lives.

Menurut penghuni  kata Paulus , Puluhan Trilyun dana  Otsus  di bidang pendidikan  yang di lucurkan oleh Pemerintah Pusat  (Jakarta) harus digunakan semestinya. “ Uang banyak, tetapi  sampai saat ini belum ada kejelasan dari Pemprov Papua  untuk renovasi .”

Katanya, Penghuni asrama yang diketuai Paulus ini pernah mengajukan proposal ,  tetapi proposal tersebut juga tidak ada tanggapan balik dari pemerintah Papua.

Tempat yang sama, Maku mahasiswa Pania, Papua, Penghuni asrama Kamasan 1 mengharapkan perhatian seriua dari Pemerintah setempat.

“Pemprov  bisa lebih memperhatian kondisi ini. Pemerintah daerah jangan hanya asal membangun asrama, setelah itu melepas tanggungjawabnya begitu saja. Pemprov harus peka dan  harus  benar-benar memperhatikan semua aspek yang dibutuhkan, termasuk masalah kebutuhan hidup sehari-hari,” paparnya.

Menurutnya, tempat tinggal bagi mahasiswa harus dipastikan dalam kondisi yang aman, karena dalam menjamin pengembangan Sumeber Daya Manusia bagi generasi penerus dalam upaya memperbaiki institusi pendidikan dan sarana/prasarana pendidikan,   Pemprov  harus serius memperhatikannya.

“Alokasi  dana Otsus itukan sudah jelas ada apalagi untuk pendidikan, sehingga pemerintah Provinsi papua tidak ada alasan untuk tidak renovasi asrama mahasiswa papua di Jogja, kalau tidak maka hal ini melakukan sekali” katanya mengakiri.

Aria

Berikan Komentar Anda