Balik Atas
Pemprov Bakal Tertibkan Perdagangan di Pasar Perbatasan Skouw
 
Pewarta: Redaksi Edisi 10/02/2016
| 836 Views
Plt Kadis Perindag Provinsi Papua, Elsye Pakade (Foto:Ist)
Plt Kadis Perindag Provinsi Papua, Elsye Pakade (Foto:Ist)

Jayapura, Wiiyai News – Pelaksana tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua, Elsye Pakade mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua bakal menertibkan perdagangan di pasar Perbatasan Skouw dengan sistem tertib ukur atau cukup timbangan.

“Kita berencana menjadikan Pasar Perbatasan Skouw tertib ukur sehingga akan ada fasilitas kemeterologian yang ditempatkan di supaya tujuan ini bisa terwujud,” kata Elsye Pakade kepada wartawan di Jayapura, Rabu (10/2/2016).

Dijelaskan Elsye, timbangan yang sesuai ukuran menjadi salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat secara optimal.

Pihaknya juga berupaya mendorong pedagangan dalam berjualan di Pasar Skouw agar memasukan barang dagangannya pada kemasan berlabel serta dengan jumlah takaran pada timbangan yang sesuai ukuran.

“Sehingga ketika masyarakat membeli mendapatkan ukuran yang pas dan sesuai. Makanya, perlu dibangun pos ukur ulang guna memastikan apakah barang yang dibeli sesuai ukuran atau tidak,” ujarnya.

Namun, Plt Kadisperindag Papua ini belum dapat memastikan apakah program bisa terealisasi dalam tahun 2016, karena programnya masih sementara diusulkan kepada Kementrian Perdagangan di Jakarta.

“Intinya kita tetap mendorong supaya program ini bisa jalan di 2016. Hanya belum tahu dananya apakah akan turun di tahun ini atau 2017. Harapannya bisa dimulai tahun ini,” harapnya.

Terkait dengan pengembangan Pasar Perbatasan Skouw, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua melalui Kementrian perdagangan telah memulai pembangunan sejak 2008 – 2011. “Pembangunan pasar menghasilkan 200 unit kios yang telah ditempati para pegadang,” ungkapnya

Meski demikian, diakui Elsye masih ada pedagang yang sampai saat ini belum mendapatan kios atau tempat berjualan. “Harapannya dapat direalisasikan tahun ini, sebab Disperindag tengah berupa melakukan penataan pasar agar menjadi lebih nyaman, bersih dan aman bagi pembeli,”tandasnya.

Wiyainews.com

Berikan Komentar Anda