Balik Atas
Peringati Hut TNI ke 74, Kodim 1705 / Paniai Gelar Donor Darah
 
Pewarta: Andreas Rumyaan Edisi 30/09/2019
| 617 Views

Nabire : Setetes darah dapat menyelamatkan nyawa sesama yang membutuhkan. dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-74 Tahun 2019, Kodim 1705/Paniai melaksanakan Donor Darah yang diikuti seluruh Jajaran Se-Garnizun Nabire, serta Ibu – ibu Persit dan Anggota Saka Wira Kartika Kodim 1705/Paniai yang berjumlah 104 peserta Pendonor, bertempat di Aula Zipur 12/OHH. Senin, (30/09/2019).

Pada kegiatan donor darah kali ini, Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Jimmy T. P Sitinjak beserta Ketua Persit KCK Cab. XX Kodim 1705/Paniai selaku tertua di Garnizun Nabire, ikut berpartisipasi menyediakan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan. akan tetapi darah tersebut akan ditampung di PMI Kabupaten Nabire, hal tersebut mengingat setetes darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Jimmy T. P Sitinjak menyampaikan, bahwa kegiatan donor darah ini merupakan kepedulian TNI kepada Masyarakat yang membutuhkan darah, donor darah bukan hanya saat ini saja melainkan hari – hari biasapun Masyarakat bisa meminta pendonor di lingkungan TNI. apabila ada masyarakat yang membutuhkan darah, akan tetapi harus menggunakan surat untuk ke Satuan – satuan,” jelasnya.

“Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI ke-74. Usai kegiatan donor darah saat ini, masih banyak kegiatan – kegiatan lanjutan, yaitu karya bakti, pameran alusista dan lain sebagainya.

“Marilah kita bekerjasama untuk dalam kegiatan – kegiatan tersebut, karena melibatkan TNI Se- Garnizun Nabire untuk memeriahkan HUT TNI di Wilayah Kodim 1705/Paniai.” Tutup Dandim.

Sementara itu, dr Lanti Setiawati. MM.,SpPK selaku penanggung jawab UTDRS mengatakan dari hasil donor darah yang di lakukan Kodim 1705/Paniai memperoleh 51 kantong darah pendonor yang telah memenuhi kriteria pendonor sehingga dapat melakukan pendonoran darah, dr. Lanti juga mengharapkan kedepannya dapat melakukan donor berkesinambungan dan terjadual dalam setahun sehingga dapat membantu ketersediaan darah di UTDRS Nabire, lebih lanjut di katakan kami harapkan agar Pemda Kabupaten Nabire dapat membantu ketersediaan alat-alat di UTD, labu darah dan reagen demi meningkatkan kualitas pelayanan UTD RS.
Dalam pendonoran darah ini sebagian peserta tidak memiliki kriteria yang mana ada yang tensi tinggi/rendah, berat badan < 45 kg , dan usia <17 tahun, serta sebagian wanita sementara hamil,menstruasi dan menyusui.

Berikan Komentar Anda