BALIK ATAS
PMI Kota Jayapura Minta Partisipasi Warga Donor Darah Secara Rutin
Diterbitkan Oleh: Redaksi Date 10th September 2018
| 139 DIBACA
Ketua PMI Kota Jayapura dan juga Wali kota Jayapura, Ir. H. rustan Saru, MM saat memberikan bantuan sembako kepada warga kota jayapura dalam puncak acara HUT Orari tahun 2018, sabtu (8/9/2018)

Jayapura,Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Jayapura yang juga sebagai Wakil wali kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru. MM  mengajak warga kota Jayapura yang sehat secara jasmani dan rohani usia 17 tahun keatas,agar dapat berpartisipasi mendonorkan darah secara rutin minimal empat bulan sekali.

ini dimaksudkan agar dapat mengantisipasi ketersediaan pasokan kantong darah yang belum seimbang dengan jumlah kebutuhan dan tingkat pupulasi manusia di Kota Jayapura yang mengalami lonjakan penduduk beberapa tahun terakhir ini.

Hal tersebut di sampaikannya saat membuka kegiatan Donor Darah dan Pasar Murah yang di selenggarakan dalam rangka HUT Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari) Wilayah Kotaraja, Abepura, Waena atau KOTAWA yang Ke-3 tahun 2018, berpusat di lapangan Trikora Abepura,  sabtu 8 September 2018.

“Maka dari itu saya juga sebagai Ketua PMI ingin sampaikan bahwa di kota ini penduduk kota Jayapura sudah hampir 500.000 jiwa yang terdaftar hari ini, itu artinya bahwa kalau kita membaca Peraturan Menteri Kesehatan dalam hal donor darah paling tidak setengah persen dari itu harus donor darah setiap tahun, Jadi kalau 500.000 paling tidak 10.000 orang paling sedikit tiap tahun per bulan minimal 1.000 kantong darah”.Tegas Wakil Wali Kota Jayapura.

Dirinya mengharapkan agar warga Kota Jayapura dapat memahami pentingnya transfusi darah bagi yang membutuhkan, paling tidak rata-rata orang menyumbangkan 500cc darah secara rutin kepada UTD PMI Kota Jayapura.

“Karena ini penting Coba lihat tubuh kita ini Terdiri dari 5 liter darah dan Allah Kasih itu gratis, coba kalau Bapak Ibu ikhlas dan rela, menyumbangkan 500 cc saja kepada PMI, kepada masyarakat kita yang butuh alangkah berjasanya saudara Bapak Ibu menolong saudara-saudara kita sesama manusia,” lanjut Rustan Saru.

Ditambahkannya, bahwa terdapat manfaat kesehatan tersendiri bagi pendonor yakni membantu netralnya sirkulasi darah sehingga dapat terhindar dari penyakit stroke.

Tentu saja bahwa riwayat kesehatan juga harus di perhatikan bila ingin medonorkan darah, terutama penyakit-penyakit yang dapat menular melalui transfusi darah, diantaranya HIV/AIDS dan Hepatitis.

Sementara itu, Kordinator ORARI Wilayah KOTAWA atau Kotaraja, Abepura dan Waena, Hans Marantika di tempat yang sama mengatakan bahwa, di gelarnya kegiatan Donor Darah ini merupakan pesan kemanusiaan dari Organisasi tersebut yang juga ingin membantu pemerintah Kota Jayapura melalui PMI Kota Jayapura dalam hal ketersediaan pasokan transfusi darah.

“Kami ingin membantu pemerintah dan masyarakat, dalam hal ini PMI Kota Jayapura dalam sisi kemanusiaan,” ujar Hans Marantika.

dilanjutkannya bahwa selain Donor Darah dan Pasar Murah, pihaknya siap bekerjasama guna menyukseskan program-program pemerintah Kota Jayapura lainnya.

Semarak kegiatan HUT Orari Kotawa Ke-3 tahun 2018 ini, turut dihadiri Kapolsek Abepura, Danramil 1701-03/Abepura, Ketua ORARI Papua dan Kota Jayapura, serta masyarakat pada wilayah tersebut.

Humas Setda Kota Jayapura

Berikan Komentar Anda
TENTANG KAMI |REDAKSI | DISCAIMER| SITEMAP| PRIVACY| IKLAN | KODE ETIK| PENGADUAN |