Produksi Padi Masuk Tiga Besar di Papua

Sentani 11/12/2014 – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw,SE.M.Si mengungkapkan bahwa padi di kabupaten jayapura masuk tiga besar kabupaten yang ada di papua paling banyak memproduksi padi setelah Merauke dan Nabire.

Oleh karena itu,pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan produksi padi ini dengan melibatkan seluruh dinas terkait. “kita berharap kedepan kita bisa terus tingkatkan itu.Hasilnya sudah bagus dan masyarakat kerja bagus dan kami juga tanam pangan yang lain saya berharap juga dikembangkan disini,”ungkap Bupati Mathius saat ditemui usai panen raya padi belum lama ini.
Selain Potensi pengembangan tanaman pangan ,Bupati juga berharap pengembangan di sector lain. “Saya berharap dari waktu ke waktu ketahanan pangan ini terus kita jaga dan tingkatkan,termasuk usaha-usaha ekonomi yang lain,”paparnya.
Selain tanaman  padi,lanjut Bupati Kabupaten Jayapura saat ini juga mengembangan tanaman kedelai di dua distrik yakni Distrik Nimblog dan Nimbokrang. Bahkan pada tahun ini diperkiran bisa panen kedelai hingga 200 ton. Dimana areal budidaya kedelai saat ini sudah mencapai 387 hektar ,dimana setiap hektar bisa menghasilkan sekitar 5,2 ton.
“Dari satu hektar saja ,itu bisa dapat jumlah panen 5,2 ton.kalau misalnya 397 hektar rata-rata 200 ton pertahun dan menurut saya ini besar, dan menurut saya suatu keberhasilan ,”kata bupati
Panen yang dilakukan beberapa waktu lalu itu , turut hadir badan pusat statistik (BPS) untuk turut menimbang dan mengukur hasil panen yang didapat tahun ini dari kacang kedelai.” ini kalau bisa dikelola bagus ,pemasarannya dibantu oleh dinas terkait saya yakin ini bisa menjamin ketahanan pangan sektor kedelai ini bisa di produksi kebutuhan-kebutuhan pangan yang lain untuk bahan baku ini,terangnya.
Bupati yakin bila berbagai sektor pertanian ini dikembangkan dan dikelola baik , maka kabupaten jayapura bisa mempengaruhi produktifitas pertanian di papua,”bebernya

yud/tri/CEPOS11/12/2014

Berikan Komentar Anda

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.