Rakyat Nabire harus Cerdas memilih pemimpin yang baik dan berkualitas
Pewarta: Redaksi
| 355 Dibaca
EDISI TERBIT: 12 Juli 2020
Fransiskus Kobepa (Foto: Dok.Pribadi)

Oleh : Fransiskus Kobepa

Kabupaten Nabire juga merupakan salah satu kabupaten yang akan melaksanakan pesta Politik saat ini menjadi trending topik. Pilkada yang akan berlangsung juga serempak pada 09 Desember 2020  dengan penghitungan suara secara berjenjang dilakukan. Perhitungan suara di tingkat kecamatan akan digelar pada tanggal 10-14 Desember, penghitungan suara di kabupaten/kota 13-17 Desember. Penghitungan suara di tingkat provinsi untuk pemilihan gubernur berlangsung pada 16-20 Desember memilih Bupati dan Wakil Bupati periode 2020-2024 mendatang  hal ini telah menjadi sorotan utama publik di berbagai media massa , social media dan rakyat pada umumnya.

Walaupun dimasa pandemi ini, Rakyat masih belum sempurna melaksanakan aktivitas seperti biasa , namun Pilkada pun akan terus bergulir dengan tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan KPUD Nabire seiring dengan berjalanannya waktu rakyat di wilayah Nabire dan sekitarnya bakal memilih calon-calon Pemimpin masa depan membawa perubahan yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku di Negara ini.

Rakyat yang Cerdas

Saat ini kita semua dihadapkan dengan berbagai persoalan kehidupan yang begitu beragam mulai dari berbagai bidang pembangunan terutama di bidang pendidikan dan kesehatan yang sangat vital dikalangan rakyat Nabire namun lebih dari itu, kita harus sepatutnya memilih calon-calon pemimpin yang cerdas. Mengapa dikatakan harus cerdas ? Tentu saja karena bukan zamannya lagi menjadi Pemilih Biasa, kita harus Cerdas dalam Memilih agar kelak kita tidak akan menyesali keputusan kita. Jangan sampai seseorang tak pantas menjabat sebagai pemimpin menjadi penguasa Negeri ini. Sehingga kita patut menilai semuanya sebelum menjatuhkan pilihan kita.

Pilihlah seorang Pemimpin yang merakyat bukan rakyat yang memihak Pemimpin. Sudah banyak terjadi diberbagai daerah banyak Pemimpin licik berkuasa dan rakyat akhirnya rakyat dibuat sengsara. Coba dibayangkan lagi berbuat kesalahanpun hukum dapat dibeli dan keadilan tak lagi berarti. Bayangkan jika korupsi merajalela rakyat sengsara dibawah garis kemiskinan. Bayangkan jika kita memilih Pemimpin yang salah, sudah pasti hancur masa depan Negeri ini terutama daerah yang kita cinta di Kabupaten Nabire ini. Maka jadilah Pemilih Cerdas.

Menjadi Pemilih Cerdas itu sebenarnya tidak sulit, tergantung pada hati , nurani dan penilaian pribadi kita agar Terpilihnya Pemimpin Berkualitas.Kepada Anda dan juga untuk diri saya sendiri tentang bagaimana agar kita menjadi Pemilih Cerdas.

Ada beberapa langkah-langkah yang harus patut diketahui agar tidak salah dalam memilih pemimpin kita kedepannya yakni hal yang mendasar adalah mengetahui terlebih dahulu rekam jejak , mengetahui visi dan misi serta membayangkan implementasinya apakah sesuai dengan kondisi daerah ataukah tidak dan yang terakhir tolak Politik uang (money politics) sebab hampir banyak terjadi Pemimpin yang memakai politik uang ketika terpilih memimpin tak ada pembangunan sama sekali.

Pemimpin Baik dan Berkualitas

Jika kita simak dari judul diatas ini Pemimpin Baik dan Berkualitas merupakan sebuah judul yang memaksa kita untuk mencari-cari sosok yang baik dan barkualitas walaupun hal itu sangat mustahil untuk kita menilai namun hal itu tidak mengurangi niat kita maka carilah sosok Figur Pemimpin yang paling tidak dapat mendekati hal itu, maka itu memang penting bagi kita semua untuk menjadi Pemilih Cerdas agar mendapatkan Pemimpin Berkualitas.

Akhirnya, Semua keputusan dan pilihan ada pada kita semua untuk menentukan pemimpin yang berani untuk merakyat itu mudah, tetapi pertanggung jawaban pilihan kita itu memerlukan pertimbangan yang matang. Memang tidak ada calon pemimpin yang sempurna, tetapi kita harus berusaha untuk mencapai kesempurnaan itu. Setidaknya usaha yang baik akan mendatangkan hasil yang baik.

Berkualitas dalam pemberdayaan 

Dalam kehidupan kita sering dihadapkan dengan berbagai perkembangan mulai dari perkembangan pembangunan , faslititas dan kemajuan teknologi , Namun kita tak sadar bahwa para pemimpin yang akan kita impikan tersebut memiliki kemampuan dan kualitas yang mampu menerjemahkan potensi daerah dalam melakukan pemberdayaan di lingkungan masyarakat , seorang pemimpin yang perlu di pilih nantinya, itu memiliki kapasitas dan kemampuan yang berkualitas yang mampu melakukan perubahan-perubahan sekitar kita , seperti halnya di Kabupaten Nabire yang memilki beragam potensi sumber daya alam (SDA) seperti Pariwisata , Hasil Pertanian, Pertambangan dan pula hasil Kayu melimpah, selain itu  perlunya pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang belum dijangkau dan di kembangkan yakni pengemabangan Universitas Negeri , Pembangunan  asrama dikota studi belum nampak , dan kurangnya pengembagan olahraga maupun kreaktivitas generasi muda.

Maka itu, di akhir kata ini, Kita patut melakukan hal-hal yang terbaik untuk kebaikan-kebaikan bersama dikemudian hari, jika kita ingin Pemimpin Berkualitas Maka Jadilah Pemilih Cerdas. Kita harus bersatu walaupun keberagaman suku,budaya dan bangsa, kita kita tetap saling mendukung demi mencapai cita-cita kita bersama dalam memajukan Kabupaten Nabire yang lebih baik dari hari ini.

Nabire milik kita semua, kita semua wajib menciptakan kedamaian dan ketentraman dimasa pandemi,New Normal dan Menjelang Pilkda tahun 2020 saat ini , Maka itu lakukanlah yang terbaik harus kita mulai dari diri kita sendiri. Maka Jadilah Pemilih Cerdas!!!

Penulis adalah Pemerhati Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Nabire

Berikan Komentar Anda
Share Button