BALIK ATAS
Ruben Masakoda, Resmi Terpilih Secara Resmi Menjadi Kepala Suku Moskona
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 26th September 2017
| 597 DIBACA
Ruben Masakoda, anggota DPRD Teluk Bintuni saat ini terpilih secara resmi menjadi Kepala Suku Moskona (Foto:DMD/Kadate)

Bintuni, Ruben Masakoda, anggota DPRD Teluk Bintuni saat ini terpilih secara resmi menjadi Kepala Suku Moskona, Senin (25/09/2017). Sajauh ini, politisi PKB itu sudah memainkan peran amat penting mengurus masyarakat Moskona.

Dia mengalahkan 7 kandidat lainnya, yakni Zakarias Ogoney, S.Km, Simson Orocomna, S.Sos M.Si, Mores Asmrom, S.Si, Saul Orocomna, Marselius Yerkohok, S.Pd, Mihel Ronni Mermey dan Yunus Bohon.

Proses pemilihan kepala Suku ini berlangsung dua putaran di hotel Stenkool Bintuni. Pasalnya pemilihan yang melibatkan 40 orang pemilih hak suara berasal dari utusan 8 distrik (Merdey, Biscoop, Masyeta, Moskona Barat, Moskona Selatan, Moskona Timur, Moskona Utara dan Mayado), tiap Distrik, utusan 5 orang itu pada putaran pertama, terdapat dua kandidat yang suaranya terbanyak sama, Simson Orocomna dan Ruben Masakoda, masing-masing 11 suara.

Para Peserta Pemilihan kepala Suku ini berlangsung dua putaran di hotel Stenkool Bintuni. (Foto:DMD/Kadate)

Pada putaran kedua, secara menyakinkan Ruben Masakoda mendapatkan 23 suara dan sisanya 17 suara untuk Simson Orocomna.

Ruben Masakoda yang dikenal selama ini mengurus adat suku Moskona itu berterima kasih atas kepercayaan masyarakat suku Moskona pada dirinya.

Dia berharap dukungan masyarakat agar upaya membuka isolasi daerah Moskona terus berlanjut. “Terima kasih pada masyarakat, dan saya minta dukungan Badan formatur dan Bupati (pemerintah daerah,red),” ungkapnya.

Ketua Badan Formatur Pembentukan dan Pemilihan Unsur Lembaga Adat Suku Moskona Mans Orocomna, SH MSi mengatakan, terbentuknya kepengurusan LMA Moskona dan terpilihnya Kepala Suku Moskona itu dapat membantu menyelesaikan persoalan masyarakat dan pembangunan di Moskona.

“Daerah Moskona itu susah, maka lembaga ini bisa membantu pemerintah daerah dalam mengatasi persoalan Moskona. Kita harapkan pengurus ini segera dilantik. Dan kami berterima kasih atas dukungan pemerintah daerah yang sudah membantu kegiatan ini,” ujar Mans.

DMD/Kadate

 

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM