BALIK ATAS
Sekolah Satu Atap Pola Asrama Mulai Diadakan Tahun Ini
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 19th Januari 2019
| 335 DIBACA
Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda, di Jayapura, dalam satu kesempatan. (Foto: Istimewa)

Jayapura,Pemerintah Provinsi Papua melalui dinas pendidikan mulai tahun ini bakal mendorong pembangunan sekolah satu atap berpola asrama di bumi cenderawasih.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda, di Jayapura, dalam satu kesempatan, kemarin.

Untuk wilayah Jayapura, kata ia, tidak ada pembangunan gedung baru, namun bakal menggunakan fasilitas yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura, tepatnya di kawasan gunung Yokiwa.

“Bangunan ini sudah dibangun beberapa tahun lalu, hanya saja karena ada masalah tanah sehingga belum dipergunakan. Dengan demikian kami akan merenovasi beberapa bagian kemudian menampatkan siswa dan guru disana,” ucap dia.

Sementara untuk wilayah gunung, sambung ia, Dinas Pendidikan berencana membangun sekolah satu atap perpola asrama di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Pembangunan sekolah di Wamena sepenuhnya merupakan anggaran dari pusat, sementara provinsi hanya menyediakan tanahnya saja.

“Sekitar Rp8-9 miliar dana yang disediakan untuk membangun sekolah di Wamena. Intinya kita dorong tahun ini,” kata ia.

Dia tambahkan, pembangunan sekolah berpola asrama sebenarnya dibangun pada tahun lalu. Hanya saja, pembangunannya menjadi tertunda karena pelaksanaan pesta demokrasi dan beberapa kegiatan lainnya.

Oleh karenanya, pembangunan sekolah satu atap berpola asrama ini, sambung dia, merupakan program yang mesti segera diwujudkan sebab sangat tepat untuk dibangun pada daerah yang memiliki letak geografis sulit. Sehingga diharapkan dapat mengejar ketertinggalan.

“Sebab sekolah satu atap ini juga diyakini mampu menjawab kesenjangan kualitas pendidikan antara wilayah pedalaman maupun perkotaan. Sehingga program ini, diharapkan segera diterapkan pada lima wilayah adat, khususnya di daerah terluar, terdepan dan tertinggal.”

“Sekolah satu atap ini juga pastinya akan menjadi solusi bagi siswa yang tinggal jauh dari pusat pendidikan. Karena mereka akan ditempatkan pada sekolah itu, bahkan nantinya berasrama. Jadi, mereka bisa tinggal di sekolah itu sekaligus mendapatkan pendidikan yang memadai,” tuntasnya.

Humas Pemprov Papua

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM