Balik Atas
Seluruh Bupati Sepakat Bantu Korban Banjir Bandang
 
Pewarta: Redaksi Edisi 23/03/2019
| 302 Views

Hal ini disampaikan Bupati Yahukimo Abock Busup, usai pertemuan tertutup para bupati dan gubernur, di Gedung Negara Dok V Atas, Jayapura, Kamis (21/3/2019).

Meski tak menyebut nominal, namun dipastikan para bupati akan menyumbang sesuai dengan kamampuan daerahnya. “Tidak ada angka pasti untuk sebuah kabupaten. Yang utama dari hasil pertemuan disepakati para bupati akan menyumbang sesuai dengan kemampuan masing-masing diwilayahnya”.

“Mungkin dari Kabupaten Mimika sumbang Rp1 miliar, lalu Kabupaten Puncak Rp1 miliar, Kabupaten Puncak Jaya Rp 250 juta dan Kabupaten Yahukimo Rp200 juta. Intinya sumbangan ini diharapkan bisa membantu mereka,” terangnya.

Senada disampaikan Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda. Dimana bantuan itu diberikan sesuai dengan arahan gubernur. “Yang jelas bantuan ini untuk mengurangi beban para korban pengungsian di Kabupaten tetapi juga Kota Jayapura. Hal ini tentu bagian dari kemanusiaan dan kekeluargaan”.

“Sumbangan ini nantinya kami akan berikan melalui badan nasional penanggulangan bencana daerah dan dinas sosial. Tentunya saya berharap jangan ada yang saling menyalakan atas kejadian ini. Sehingga atas nama pemerintah dan kepala daerah di Puncak Jaya saya mengucapkan turut berduka atas kejadian ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua memberikan bantuan uang tunai Rp5 miliar untuk korban banjir bandang Sentani, Kabupaten Jayapura. Selain uang tunai, Pemprov Papua sejak hari pertama bencana telah menyalurkan makanan jadi untuk ribuan pengungsi di Kabupaten Jayapura.

Tak sampai disitu, dinas sosial provinsi akan memberikan santunan masing-masing Rp15 juta kepada ahli waris korban meninggal dunia akibat bencana alam banjir bandang.

Humas Pemprov Papua

Berikan Komentar Anda