Balik Atas
SK Pelantikan Belum Diurus, Angggota DPRD Dogiyai Terpilih Datangi Kantor Bupati
 
Pewarta: Redaksi Edisi 28/11/2019
| 248 Views
Barisan anggota DPRD terpilih Kabupaten Dogiyai ketika melakukan aksi di depan kantor Bupati (Foto:Agus/PapuaLives)

Dogiyai,Barisan anggota DPRD terpilih Kabupaten Dogiyai periode 2019-2024 menggelar aksi demo di Kantor Bupati Dogiyai, Kamis (27/11/2019). Anggota DPRD terpilih mendatangi Kantor Bupati sesuai kesepakatan pemerintah daerah bahwa pada hari kamis (27/11/2019), pemerintah daerah akan memberikan jawaban untuk pengurusan SK DPRD terpilih.

Para anggota DPRD terpilih datang menanyakan proses SK mereka sudah sejauh mana, sebab masa jabatan DPRD lama periode 2014-2019 sudah berakhir pada tanggal 26 November 2019.

Jadwal Pelantikan DPRD di Papua (Foto:KPU Papua)

Agustinus Tebai selaku Koordinator Barisan DPRD terpilih mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Dogiyai mengusulkan SK DPRD baru sebab itu tugas dan tanggung jawab yang sudah melekat sesuai dengan aturan pemerintahan. Dia mengungkapkan pihaknya bingung Pemerintah Dogiyai menggunakan undang-undang apa ? Sebab kata dia, di dalam peraturan pemerintah daerah nomor 12 tahun 2019 tentang tata cara pedoman penyusunan tata tertib DPRD, bahwa masa jabatan dimulai sejak tanggal peresmian anggota DPRD. Dengan demikian, menurutnya, tanggal berakhirnya masa jabatan DPRD lama adalah 26 November 2019 sesuai Keputusan Gubernur Papua Nomor 155.2/427/2014 tentang peresmian keanggotaan DPRD Kabupaten Dogiyai.

“Sebenarnya tanggal 26 November harus dilantik. Tidak bisa kekosongan Waktu. Ini tahapan dan jadwan nasional tapi kok bisa ada yang halangi”, katanya.

Sebernarnya, menurutnya, Pemerintah daerah sudah mengusulkan berkas ke Jayapura.
“Aksi ketiga kali pada tanggal 3 Desember 2019 nanti, kami akan datang cek lagi SK DPRD Dogiyai. Kita hanya datang cek sudah ada SK atau belum”, kata dia.

Terkait hal itu Ketua KPU kabupaten Dogiyai mengakui hasil Pleno sudah diserahkan hasilnya kepada Pemerintah Kabupaten Dogiyai untuk Memproses SK Anggota DPRD terpilih.

” Seluruh Dokumen hasil pleno Sudah Kami sampaikan kepada Bupati Kabupaten Dogiyai.Sesuai dengan ketentuan, Bupati Kabupaten Dogiyai membuat Pengantar untuk sampaikan kepada Gubernur provinsi Papua guna menerbitkan SK Anggota DPRD terpilih”kata Ketua KPU Dogiyai Andarias Gobay ketika dihubungi media belum lama ini,

Lanjutnya,Sehingga pada Akhir Masa Jabatan Anggota DPRD Periode lalu bisa dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan.

“Semoga niat baik ini dibukakan rahmatnya Sehingga semua proses berjalan dengan lancar.”harapnya.

Berikan Komentar Anda