Balik Atas
Tak Ada Pembeli di Pasar Baru ,Mama – Mama Dogiyai Berjualan Dipinggiran Jalan
 
Pewarta: Redaksi Edisi 22/04/2016
| 1059 Views
Mama - Mama sedang berjualan di Pinggiran Jalan Trans .(Foto : Ist )
Mama – Mama sedang berjualan di Pinggiran Jalan Trans .(Foto : Ist )

Jayapura ,22/04/2016,PAPUALIVES.COM – Mama – Mama asli Dogiyai,hingga kini masih berjualan di Pinggiran Jalan Trans Nabire – Ilaga. Mereka beralasan tak ada daya beli ,hasilpun tak laku ketika berjualan di Pasar Baru Tokapo,Ekenemani,Distrik Kamu.

Salah satu Mama,Yuliana Iyai,menyatakan memang sebelumnya pemerintah sudah siapkan pasar Baru di Tokapo,dan disuruh pindah kesana. Namun, disana tak orang yang membeli.

“Pasar baru sudah ada disana,tapi tidak ada orang yang mau beli. Sehingga lebih tepat kami berjualan dipinggiran jalan walaupun pasar lama sudah tidak berjualan lagi. Kalau tidak ada orang ,mana mungkin jualan ini laku”katanya,beberapa pekan lalu di Dogiyai.

Ia meminta ,agar para pemerintah dan dinas terkait segera ditata baik ,agar pasar di Tokapo,bisa berjualan dengan baik.

Sementara,Andreas Gobai,Kepala Dinas Perdagangan ,Perindustrian dan Koperasi ( Perindakop ) Kabupaten Dogiyai,menyatakan pihaknya terus mencari solusi terbaik agar mama – mama Dogiyai bisa berjualan baik di Pasar Baru Tokapo.

“Pada awal maret 2016 ,setelah saya di percayakan sebagai Kepala Dinas Perindakop ,saya mengundang para pedagang Kios untuk mendengarkan masukan dari mereka terkait pemindahan pasar baru di Tokapo. Selanjutnya ,kami juga memberikan waktu ke meraka untuk para pedagang selama 1 bulan untuk melengkapi fasilitas kios,dll di Pasar Baru”katanya

Ia melanjutkan,menidaklanjuti dari pertemuan itu, Perindakop memfasilitasi semua SKPD untuk membicarakan penanganan pasar secara darurat.

“Ya,dari dari Perindakop fasilitasi beberapa SKPD yang berhubungan Pasar telah untuk pertemuan. Hasil dari pertemuan itu,bagi tupoksi masing – masing. Selanjutnya,Pada bulan Mei,kami kembali cek lagi,agar para pedagang bisa kembali berjualan . Setelah para pedagang sudah berjualan dipasar di Tokapo,baru kami arahkan mama – mama berjualan di Pasar Baru ”kata dia.

Ia juga menjelaskan , guna pengembangan pasar dan memiliki pasar layak di Dogiyai,butuh dukungan dari Pemerintah Propinsi, Pemerintah Pusat, PT Freeport, Dunia perbankan dan pihak lainnya ,agar roda perekonomian di Dogiyai bisa berjalan baik.

“ saya selaku Kepala Dinas Perindagkop juga mengharapkan agar para pegawai mari kita berbelanja hasil jualan mama – mama kita”ajaknya.
Sebelumnya,Pelaksna Tugas (Plt),Herman Auwe,telah meresmikan Pasar Baru di Tokapo,Ekemani ,Distrik Kamuu,agar mama – mama berjualan di Pasar Baru. Bahkan ,ia menyebutkan telah menyiapkan armada angkutan untuk mama – mama yang berada di jangakauan.

Agus Tebai

Berikan Komentar Anda