BALIK ATAS
Taman Di Kota Jayapura Masih Di Jadikan Sebagai Tempat Pengkonsumsi Minuman Keras (Miras)
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 11th Oktober 2014
| 1210 DIBACA
Taman Di Kota Jayapura (Foto:IST/PL)
Oleh : Roberth Yewen
Kota Jayapura merupakan salah satu kota tertua yang usianya sudah mencapai satu abad lebih. Dengan usia yang sudah sangat-sangat tua, banyak sekali prestasi sudah di raih oleh kota Jayapura. terutama prestasi yang diraih adalah menjadi juara satu dalam dua dekade ini sebagai kota paling bersih, dengan mendapatkan piala Adipura.

Di bawah kepemimpinan Wali Kota Jayapura Bapak Benthur Tommy Mano dengan visi dan misi membuat kota Jayapura menjadi “Taman Eden Dunia” (garden of eden world) yang mana disepanjang jalan, seperti Padang Bulan, Skaylen, Kota, dan berbagai tempat yang ada di Kota Jayapura dijadikan taman, dan disekitar taman ada berbagai bunga yang ditanam, untuk memberikan kesejukan dan aroma yang indah.

 Dengan dua kali berturut-turut menjadi juara Kota Adipura, menandakan bahwa keindahan, kebersihan, dan kesejukan (beauty, hygiene, and coolness) Kota Jayapura secara fakta mengalami peningkatan yang signifikan. Kefokusan Walikota Jayapura akan kebersihan dan keindahan Kota menjadi prioritas utama, untuk membangun kota Jayapura yang lebih beriman sesuai visi dan misi Bapak Walikota.
Sejak terpilih menjadi walikota Jayapura fokus pembangunan di kota ini mengarah pada keindahan dan kebersihan kota, sehingga melalui Walikota mengambil langkah-langkah kebijakan membuka lapangan kerja bagi para masyarakat yang hendak menjadi tukang sapu kebersihan di jalan raya, dan juga pembuatan taman-taman di wilayah yang ada di kota Jayapura sebagai bentuk dari menciptakan keindahan kota (the beauty of the city).
Kebijakan dan prestasi yang diraih dalam menciptakan Jayapura menjadi kota Adipura, yaitu bersih, indah, dan beriman (clean, beautiful, and faithful), merupakan bagian dari  kepemimpinan Walikota perlu diberikan apresiasi, sebab kehadiran taman-taman diberbagai sudut kota, adalah selain memberikan keindahan, dan kesejukan, tetapi juga menjadi bagian penting bagi setiap warga di Kota Jayapura untuk berdiskusi pada waktu siang atau malam hari.
Pertayaan adalah sudahkah taman kota dijadikan sebagai tempat diskusi dan melangsungkan kegiatan-kegiatan positif bagi setiap warga masyarakat di kota Jayapura, terutama para kaum intelektual mahasiswa dan pemuda? Ataukah taman hanya dijadikan sebagai tempat pertemuan di malam hari, untuk melepaskan kecapean dengan melangsungkan pesta Miras, dan bahkan dijadikan sebagai tempat untuk melangsungkan praktek-praktek negatif lainnya?
Berdasarkan pengamatan dan observasi yang dilakukan, teryata sebagian besar taman yang ada di sudut-sudut dan bahkan di tengah-tengah pusat kota Jayapura masih dijadikan sebagai tempat untuk melangsungkan hal-hal yang negatif seperti, pesta Miras dan lain-lain.
Hal ini menandakan bahwa, taman tidak dipandang lagi sebagai tempat yang mampu menciptakan hal-hal yang positif, seperti diskusi, melepaskan kelelahan bersama keluarga, menjadi tempat dagang, misalnya bakso, sate dan lain-lain, tetapi taman dijadikan sebagai tempat untuk melakukan tidakan-tindakan yang negatif, seperti miras dan lain sebagainya.
Oleh karenanya, menurut saya taman yang ada di pusat-pusat kota Jayapura, dan yang berada dipinggiran kota perlu mendapatkan pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh Pementah kota melalui Dinas terkait bekerja sama dengan pihak-pihak yang berwenang, seperti kepolisian, dan Sapol PP dalam melakukan pengawasan dan rasia di setiap taman-taman yang ada di dalam kota Jayapura, minimal empat kali dalam sebulan. Jika memang fungsi ini sudah dilakukan, maka yang terpenting adalah lebih serius lagi melakukan kontrol dan pengawasan, sehingga dapat mengurangi atau menekan warga kota Jayapura yang memanfaatkan taman sebagai tempat untuk mengonsumsi miras.
Manfaat Taman Bagi Setiap Masyarakat
Secara umum di Negara-negara besar yang sudah maju, pasti disetiap pusat kota, dan di sudut-sudut kota Pemerintah membangun fasilitas taman sebagai tempat yang digunakan oleh warga negaranya dalam berdiskusi, melepaskan kelelahan bersama keluarga, sebagai taman belajar, dan lain-lain.
Oleh karena itu, kebijakan pemerintah Kota Jayapura melalui Walikota, untuk menjadikan setiap tempat-tempat yang strategis dalam membangun taman di setiap sudut-sudut kota dan melakukan renovasi di setiap taman-taman kota yang sudah ada. Hal ini merupakan langkah yang positif dan sangat baik, sebab mengingat kota Jayapura merupakan bagian dari kota pelajar dan pusat pendidikan di Papua, sehingga sangat tepat sekali jika pemerintah Kota Jayapura menyediakan taman sebagai tempat bagi warga masyarakat, khususnya pelajar, mahasiswa, dan pemuda untuk memanfaatkan fasilitas taman sebagai sarana dalam melakukan diskusi-diskusi (discussion-discussion), dan mengerjakan tugas kampus (task campus), dan hal-hal lainnya yang mengembangkan potensi diri dari pelajar, mahasiswa, dan pemuda tersebut.
Ada beberapa taman yang dekat dengan area kampus, dan sekolah-sekolah, sehingga hemat saya bisa di desain secara baik oleh Pemerintah Kota Jayapura bekerja sama dengan pihak lembaga Kampus dan Sekolah yang ada, untuk mendisain taman tersebut menjadi tempat belajar bagi mahasiswa dan pelajar. Selain itu pemerintah kota bisa bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi untuk menjadikan taman-taman yang strategis dan lumayan luas yang bisa dijangkau oleh seluruh warga masyarakat di kota Jayapura, dengan menyediakan fasilitas internet secara gratis dan lain-lainnya. Guna memberikan kemudahan kepada setiap warga masyarakat, terutama mahasiswa, pelajar, pemuda dan seluruh komponen masyarakat yang ada di kota ini untuk mengunakannya. Dan tentunya dengan system dan pengawasan, serta dengan manajemen kontrol yang baik, maka hemat saya, taman yang sering dijadikan sebagai tempat dalam melakukan tindakan-tindakan negatif akan hilang, sebab setiap orang akan memanfaatkan taman sebagai pengembangan diri sendiri, kelompok, dan lain-lainnya.
PENULIS ADALAH KETUA UMUM CATOLIC STUDENT CENTER (CSC)
Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM