Balik Atas
Tanggung Jawab Sosial Media Massa
Pewarta: Redaksi Edisi 06/12/2016
| 1163 Dibaca

 

Nasarudin Sili Luli

Oleh: Nasarudin Sili Luli

Eksitensi beragam media di dunia seharusnya mendorong terciptanya keadaban publik.menjadi katalisator literasi informasi guna memperkuat warga dunia yang saling menghargai keberagaman ‘bukan sebaliknya menjadi profokator konflik’etnis’agama atau antarnegara yang seharusnya saling menghormati .Ada beberapa tanggung jawab sosial media yang harus di tu aikan kepada publik.

Pertama,media harus mau dan mampu mengembang fungsinya sebagai katalisator perdamain dunia.
Saat ini konflik politik maupun sosial masi banyak terjadi di berbagai dunia .penyebab utamanya rata – rata ego pribadi dan golongan yang punya syahwat ‘kekuasaan yang dengan mengindetifikasi diri dan kelompoknya sebagai repersetansi kebenaran.

Jurnalis damai harus mendorong dan di kembangkan dalam narasi berita media sehingga menjadi ”oase’penting sekaligus menjadi nutrisi’pengetahuan di tenga pertentangan antara kekuatan ‘bukan sebaliknya ‘menjadi berita berdara- dara sebagai jualan.

Kedua’media wajib menghadirkan role model pemberdayaan masyarakat.benar media saat ini suda berada di era industri yang beroperasi dalam logika hukum pasar ‘Shoes maker dan reese menulis ‘mediating the message .Theories of influence on mass media conten(1991:121)organisasi media merupakan entetitas ekonomi ‘formal dan sosial yang menghubungkan para awak media’pemilik’modal serta pasar dengan tujuan’memproduksi’mememdistribusi’dan membuka cara konsumsi isi media yang di tawarkan.

Kendati demikian ‘selalu ada peluang parah pekerja media untuk menyediakan kontenya yang sehat sekaligus laku di pasaran tampa merusak keadaban publik..

Penulis adalah :Pemikir Kebangsaan dan Kenegaraan

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM