Balik Atas
Umur Yang Ke- 13 Lembaga MRP, Pemprov Peringati HUT Budaya Papua
 
Pewarta: Redaksi Edisi 05/11/2018
| 224 Views
Ketua MRP Timotius Murib ketika ditemui Awak media beberapa Waktu lalu

Jayapura,- Tanggal 31 Sebtember merupakan hari Budaya Papua atau hari berdirinya lembaga Majelia Rakyat Papua (MRP). Oleh sebab itu, pemerintah Provinsi bersama MRP peringati Hari Ulang Tahun HUT yang Ke-13 di lingkungan kator MRP Rabu (31/10/ 2018) di Jayapura.

“Kita harus menyebut Hari Budaya Papua karena MRP sudah ditetapkan 31 September sebagai hari budaya Papua sehingga setiap tahun dapat merayakan atau memperingati hari Budaya Papua,”katan Ketua MRP Timotius Murib kepada awak media di Jayapura.

MRP merupakan Lembaga kultural Orang Asli Papua yang bergerak dalam bidang sosial budaya Orang Asli Papua yang mengatur khusus tentang budaya lokal Papua meliputi segala aspek.

“Budaya orang Papua tengah mengalami kehilangan dikarenakan pengaruh modernitas maka saya minta setiap sekolah dalam bidang mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) diharapkan harus mengajar bahasa daerah di setiap sekolah agar tidak hilang hilang. Proses globalisasi membuat budaya Papua hilang maka orang Papua harus memegang teguh bahasa dan budaya Papua,”katanya.

Sementara itu Gubernur Papua melalui Asisten II Elysa Auri, SE. MM mengatakan kami sangat bangga dengan HUT Budaya Papua ini karena melalui kegiatan ini tentu ada suatu perubahan dalam mempertahankan budaya Papua agar kedepan budaya Papua menjadi budaya jati diri masyrakat Papua.

“Berharap supaya masyarakat mempertahankan budaya karena tidak merasa hilang dengan tersendiri sehingga diharapkan masyarakat mempertahan budayanya masing-masing,”tambahnya.

Christian Degei

Berikan Komentar Anda
Link Banner