Scroll to Top
Verifikasi Faktual, NasDem Bintuni Penuhi Semua Persyaratan
Posted by Redaksi on 2nd Februari 2018
| 410 views
Foto Bersama usai Verifikasi Faktual Partai Nasdem Bintuni (Foto:Daniel/PapuaLives)

Bintuni, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Teluk Bintuni yang dipimpin ketuanya Ahmad Subuh Refideso, SHI didampingi sekretaris KPU Ganem Seknun, SH beserta anggota KPU lainnya mendatangi kantor Sekretariat DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Teluk Bintuni, Selasa (30/1/2018).

Ketua KPU dan rombongan diterima oleh Ketua DPD Partai Nasdem Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT dan sekretarisnya Jen Fimbay beserta pengurus dan simpatisan partai Nasdem Teluk Bintuni.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Teluk Bintuni kemudian menyerahkan waktu kepada koordinator tim verifikasi faktual dari devisi program dan data KPU Teluk Bintuni Nomensen Mirino untuk menjelaskan apa-apa saja yang akan diverifikasi oleh tim. Kemudian tim verifikasi faktual melakukan verifikasi kepada partai Nasdem Teluk Bintuni.

Nomensen Mirino mengatakan bahwa 12 partai yang diprioritaskan untuk verifikasi faktual hampir semua partai sudah diverifikasi dan tinggal 1 lagi yang akan diverifikasi pada tanggal 31 Januari 2018 yaitu partai PBB Teluk Bintuni.

“Sesuai dengan peraturan KPU Nomor 5 tentang jadwal tahapan Pemilu legislatif dan presiden tahun 2019. Kami dari KPU melakukan verifikasi faktual kepada partai politik mulai dari tanggal 30 Januari sampai dengan 01 Pebruari 2018. KPU Teluk Bintuni membagi 5 tim untuk memverifikasi 12 partai yang diprioritaskan untuk diverifikasi faktual.

Pada hari ini, Selasa (30/1/2018) kami memverifikasi 2 partai yaitu partai PKPI dan partai Nasdem. Partai PKPI kami verifikasi dari pagi sedangkan partai Nasdem pada sore hari. Verifikasi kami di sekretariat DPD Partai Nasdem Bintuni berjalan lancar, aman dan terkendali.

Kami melakukan tugas verifikasi sesuai PKPU Nomor 6 tentang verifikasi partai yaitu pertama kita verifikasi kepengurusan partai yaitu kita verifikasi orang-orangnya seperti ketua partai, sekretaris partai serta bendahara partai. Kedua kita verifikasi terhadap keterwakilan 30% perempuan dari komposisi pengurus partai untuk diverifikasi faktual baik keanggotaannya maupun KTP-nya.

Ketiga kita verifikasi anggota partai Nasdem Teluk Bintuni yang menurut keanggotaan partai Nasdem yang masuk dalam sistem partai politik (Sipol) itu berjumlah 1.000 orang lebih. Kemudian kita pakai aturan untuk membagi 1.000 lebih itu dengan 5% sehingga kita dapat 62 orang yang kita verifikasi dengan mewakili 12 distrik yang diakomodir di sekretariat Partai Nasdem Teluk Bintuni untuk kita verifikasi secara fisik dan yang hadir 88 orang anggota yang mewakili 12 distrik. Kalau keanggotaan partai politik yang terbanyak di kabupaten Teluk Bintuni adalah keanggotaan Partai Nasdem,” ungkap Nomensen.

Nomensen juga mengatakan bahwa setelah pihaknya melakukan verifikasi faktual maka tim akan mengevaluasi, membuat laporan dan apabila terdapat kekurangan-kekurangan. “Maka secara resmi kami akan menyurati partai politik yang bersangkutan untuk memperbaiki serta melengkapi apa yang masih kurang karena masih ada perbaikan dari tanggal 2 sampai 3 Februari 2018.

Kemudian partai kembali memasukkan perbaikannya kemudian kita perbaiki secara bersama-sama. Setelah kami melakukan verifikasi faktual di sekretariat DPD Partai Nasdem Teluk Bintuni secara fisik sangat siap baik kantor sekretariat, ruang ketua, sekretaris serta bendahara partai semuanya lengkap. Serta meja bangku dan leptop untuk bekerja di sekretariat.

Serta 2 ruang pertemuan yaitu ruang rapat umum dan ruang rapat pengurus di lantai atas. Dan kalau kita mengacu pada aturan verifikasi maka partai Nasdem Teluk Bintuni sangat memenuhi sayarat dan kita tinggal akan menyurati partai Nasdem Teluk Bintuni yang sudah memenuhi persyaratan,” kata Nomensen.

Daniel MD

Berikan Komentar Anda