BALIK ATAS
Wakil Walikota Jayapura turut dalam Upacara Adat Buka Palang Suku Tjoe
PENERBIT:PPWI MEDIA Redaksi PAPUALIVES.COM 20th Desember 2018
| 222 DIBACA
Wakil Walikota Jayapura, Bersama Pesuruh Ondoafi Tjoe, Serta Asiste I Bidang Pemerintahan, Kapolsek Abepura dan Dandramil Abepura Membuka Palang Adat bertempat di Kantor Kelurahan Abepantai (Foto:Istimewa)

Jayapura,Pemerintah Kota Jayapura melalui Wakil Wali Kota Jayapura Ir H Rustan Saru, MM didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Everth Nicolas Merauje, SSos, MSi, Kapolsek Abepura dan Danramil Abepura, membuka palang keluarga Tjoe terhadap kantor puskesmas abe pantai dan kantor kelurahan abe pantai.

“Ada dua masalah atas pemalangan ini, yang pertama adalah tindakan tidak menyenangkan dari oknum puskesmas yakni Kepala Puskesmas dan Petugas TU Puskesmas, lalu masalah ganti rugi kepemilikan hak wilayah tanah yang sudah pernah dibayar namun belum ada pelepasan,” kata Wakil Wali Kota mengikuti Upacara Adat Suku Tjoe di Kantor Puskesmas Abe Pantai, Selasa 18 Desember 2018.

Pemerintah menanggapi hak tersebut dengan memberikan solusi permasalahan. Dua petugas puskesmas pada 19 Desember 2018 dipindahtugaskan dan diganti dengan petugas yang baru, lalu pembayaran atas ganti rugi kepemilikan atas tanah. Kepemilikan hak wilayah tanah yang sudah pernah dibayar oleh Pemerintah Kota Jayapura dan memiliki bukti kwitansi, belum diadakan pelepasan. Hal tersebut menjadi pertimbangan untuk mengundang seluruh masyarakat agar dikomunikasikan dalam mencari jalan keluar yang perlu dilakukan secara adat. Hak kepemilikan tanah ganti rugi akan diselesaikan pada Januari 2019.

Pemalangan yang dilakukan secara adat, telah dibuka secara adat pula dengan pertumpahan darah persembahan dua ekor babi. Dengan berdoa kepada para leluhur dan mengucap syukur atas perdamaian permasalahan, pesuruh Ondoafi suku Tjoe meminta izin dalam bahasa kesukuan. Hal tersebut disaksikan oleh Wakil Wali Kota Jayapura beserta rombongan.

Humas Setda Kota Jayapura

Berikan Komentar Anda