BALIK ATAS
Warga Kota Wamena Yang Tidak Sadar Buang Sampah Akan Ditindak
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 18th Juni 2015
| 2582 DIBACA
Warga Kota Wamena Yang Tidak Sadar Buang Sampah Akan Ditindak
Tampak sampah di dekat Hotel Maharani jalan Gatot Subroto Wamena (Foto: Elisa/PL)

Wamena, 18/06/2015,PAPUALIVES.COM– Guna menjaga kota Wamena yang bersih dari sampah, supaya terlihat indah, nyaman dan damai (Dani) berdasarkan Perda nomor 11 tahun 2010 tentang kebersihan, Kepala Distrik Wamena kota turun langsung ke lapangan untuk mengangkut sampah.Kepala Distrik Wamena kota, Lince Kogoya ketika mengangkut sampah di jalan Gatot Subroto Wamena mengatakan, berapa tahun terakhir ini pihaknya bersama lurah dan RT/RW turun langsung ke lapangan supaya warga tidak buang sampah sembarangan tanpa melihat  Peraturan Daerah (Perda).

“Sebab banyak masyarakat melanggar himbauan maupun Perda yang ada, maka itu langkah-langkah penyelamatan kami lakukan ke setiap wilayah. Jadi gerakan anti sampah mulai dari sekarang untuk kita bawah kota Wamena menjadi kota kebanggaan masyaraat pegunungan,” kata Lince Kogoya kepada wartawan, Kamis (18/6/2015).

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat di kota Wamena untuk menghargai Perda kebersihan yang sudah ada, sebab Perda itu dibuat untuk dipatuhi bukan untuk dilanggar. Menurutnya, harus ada kesadaran untuk tidak buang sampah sembarangan. Harapannya supaya seluruh tingkatan masyaralat di daerah ini bisa
hidup bersih tanpa sampah.

Selain itu, ia heran dengan penduduk kota Wamena yang sedikit, tetapi sampah yang dihasilakn di daerah ini sangat tinggi.

“Oleh karena itu saya tidak akan duduk saja di kantor, tetapi saya akan turun terus ke lapangan. Kami juga akan turun ke rumah-rumah dan bertindak dengan menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan,” tegasnya.

Ketika ditanya mengenai batas waktu yang diberlakukan dalam Perda itu, kata Lince, masyarakat di wilayah dalam kota sudah mematuhinya, tetapi masyarakat di wilayah pinggiran yang masih belum ada kesadaran.

“Seperti di kelurahan Sinapuk ini. Sudah diberitahu berkali-kali tetap saja mereka buang sampah terus. Jadi mulai dari sekarang saya (Kadis) dengan Lurah akan jalan terus ke rumah-rumah untuk sampaikan,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, ketika dirinya menjumpai warga yang kebetulan buang sampah di sembarang tempat, pihaknya akan kejar dan tindak orang itu, supaya orang itu sadar untuk tidak buang sampah sembarang.

“Jika kami jumpai orang yang buang sampah sembarangan, kami akan terus cari tahu dan akan cek identitas orang itu dari KTP,” tandasnya.

Elisa Sekenyap/PapuaLives

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM