YAPKEMA Gelar Lauching dan Sosialisasi ,Mengatasi Masalah Sosial di Kampung

YAPKEMA Gelar Lauching di Tingkat Kampung Dogiyai  (Foto:Agus Tebai)

Dogiay,08/09/2015,PAPUALIVES.COM – YAPKEMA Gelar Lauching di Tingkat Kampung Dogiyai – Masalah HIV dan AIDS bukan masalah kesehatan semata melainkan telah menjadi masalah sosial yang sangat kompleks dan upaya pencegahan serta penanggulangannya memerlukan berbagai pendekatan secara langsung kepada masyarakat.

Untuk itu Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPAD) melalui Yayasan Pembangunan Kesejahterahan Masyarakat ( YAPKEMA ) selalu gencar melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat di Kampung. Kali ini salah satu yang dilakukan adalah sosialisasi HIV/AIDS,VCT,IMS serta Mobile dikampung Ekimani,Kamuu Utara,Kabupaten Dogiyai, Selasa (08/09).

Pantauan papualives.com,kegiatan ini dimulai dari pukul 10.00 hingga 16.00. Tim VCT Puskesmas Moanemani melakukan lansung pemeriksaan terhadap warga yang hadir di kampung tersebut. Dari 300 warga yang hadir,yang diperiksa hanya sebanyak 90 orang.

Hanok Pigai,Direktur Yayasan Pembangunan Kesejahterahan Masyarakat ( YAPKEMA ) menyatakan pemeriksaan sangat penting ,karena ini menyelamatkan kita semua.

“siapapun bisa dilakukan pemeriksaan,jangan takut –takut. Takut –takut itu yang mematikan, Jadi,mari setiap warga melakukan pemeriksaan diri “ ajak Hanok kepada Warga Kampung Ekimani.

Hanok juga meminta kepada warga dikampung itu,agar hati dalam melakukan hubungan seks. Karena pintu masuk HIV/AIDS adalah melalui hubungan seks atau lainnya yang menular penyakit mematikan ini.

“ Jaga keluarga,tidak boleh hubungan seks sembarang. Seksual adalah pintu penularan HIV. Kalau ada keluahan sakit,periksa tempo”pesan Hanok.

Hanok juga menuturkan ibu /bapak sangat berhati-hati dalam hubungan seks,karena epidemic HIV/AIDS sangat tinggi dibandingkan kabupaten –kabupaten lain.

Namun ,dari KPAD melalui Yapkema terus melakuan sosialisasi dan penguatan kader dalam rangka mencegah penyakit yang mematikan ini.

“ Dikabupaten Dogiyai epidemic HIV/AIDS sangat tinggi,namun pemerintah melalui KPAD selalu peduli terhadap HIV/AIDS sangat tinggi. Sehingga kita telah melakukan berbagai kegiatan salah satunya sosialisasi dan lauching ini “ungkap Hanok.

Agus Tebai

 

Berikan Komentar Anda

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.