BALIK ATAS
TENTANG KAMI |REDAKSI | DISCAIMER| SITEMAP| PRIVACY| IKLAN | KODE ETIK| PENGADUAN |
YHIP Rayakan HUT RI Bersama Anak-Anak di Kampung Yakonde
Diterbitkan Oleh: Redaksi Date 20th Agustus 2018
| 89 DIBACA
Direktur YHI Papua Veneranda Kirihio ketika memberikan hadiah rangka hari Raya HUT RI Bersama Anak-Anak di Kampung Yakonde (Foto: Dok.PapuaLives)

Jayapura,Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke: 73, Yayasan Harapan Ibu Papua (YHI-P), Pimpinan dan seluruh staff berkunjung ke kampung Yakonde distrik Waibu, kabupaten Jayapura pada Jumat (17/8/2018) lalu.

Koordinator YHI-P, Hiswita Pangau mengatakan Kegiatan pada ssat itu lantas dihadiri beberapa element diantaranya Aparat Kampung, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda yang ada di kampung Yakonde.

“Bersama ibu-ibu kader yang juga sangat antusias membantu serta tokoh pemuda yang membantu kegiatan yang dilakukan sejak siang hingga sore hari. Fokusnya memang bersama anak-anak yang ada di kampung Yakonde tetapi ada juga anak-anak dari beberapa kampung sekitar yang ikut terlibat dalam kegiatan yang dilakukan hulu itu,”katanya.

Lanjutnya, beberapa lomba yang dipersiapkan untuk memeriahkan HUT RI di antaranya, lomba makan kerupuk, lari kelereng dan lari karung dan mewarnai.

“Kegiatan ini diawali dengan menggambar wajah dengan tema HUT RI, anak-anak begitu antusias dan gembira, dari yang kelompok belum sekolah hingga SMP, kemudian menghafal Pancasila, Menyayikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan lagu Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Pada kegiatan ini juga YHIP membagikan perlengkapan belajar seperti buku, alat tulis dan dan lainnya juga beberapa hadiah bagi pemenang lomba,”jelasnya.

Menurut Wita, Mungkin tidak ada yang spesial, karena ini sama dengan lomba-lomba pada umumnya yang sering dilakukan, namun tujuan kegiatan ini adalah agar anak-anak memiliki rasa bangga terhadap Negri Tercinta serta menumbuhkan semangat dan cinta tanah air yang merupakan hal penting dan memang harus di tanamkan sejak dini.

Hal yang senada dilanjutkan oleh Ibu Veneranda Kirihio selaku Direktris Yayasan Harapan Ibu (YHIP) Papua bahwa anak-anak adalah Masa Depan Bangsa, dan mereka adalah penerus Bangsa, harus menumbuhkan semangat dan cinta tanah air sejak kecil, agar kelak mereka bisa menjadi anak-anak yang membangun Negara tercinta dan mampu mengukir prestasi yang mengharumkan bangsa kita,”ujarnya.

Lanjutnya, Banyak anak-anak yang mengalami kekerasan, banyak anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan, kesulitan mengakses kesehatan, tidak memiliki kebebasan bermain dan mengembangkan potensi yang dimiliki karena berbagai faktor.Semoga Kemerdekaan dapat benar-benar dirasakan oleh seluruh anak Indonesia dan seluruh masyarakat Indonesia.

“Indonesia begitu kaya, dengan segala yang di miliki, dengan latar belakang suku dan budaya yang berbeda-beda dan begitu unik, serta alam yang indah, itu adalah kekayaan yang patut kita banggakan. Meski dengan kekurangan, keterbatasanyang masih harus dibenahi namun kita adalah bagian dari perubahan itu. Mengajarkan anak-anak agar tidak melihat kekurangan bangsa ini yang membuat kita tidak merasa bangga, namun mengajarkan mereka tentang bagaimana mencintai dan melihat kekayaan yang dimiliki, serta membawa perubahan sebagai penerus bangsa dan Negara,”tandasnya.

Christian Degei

Berikan Komentar Anda