BALIK ATAS
Yopi Degei : Lembaga Adat Dan Pemda Kerjasama ,Kembalikan Nilai – Nilai Adat
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 19th April 2016
| 842 DIBACA
Yopi Degei (Baju Hitam ),Lenis Kogoya bersama Pemda Dogiyai  saat kunjungan di Pasar Mama - mama Beberapa waktu lalu.
Yopi Degei (Baju Hitam ),Lenis Kogoya bersama Pemda Dogiyai Saat kunjungan di Pasar Mama – mama Beberapa waktu lalu. (Foto:Ist)

Dogiyai,19/04/2016,PAPUALIVES.COM – Nilai – nilai adat budaya di masyarakat semakin hari semakin hilang. Padahal ,budaya merupakan suatu identitas masyarakat, bahkan juga merupakan aset yang harus dipertahankan dan terus dikembangkan. Hal itu terlihat pada dimasyarakat Dogiyai pada umumnya di Papua. Hilangnya nilai budaya itu,terlihat pada perkembangan modern yang saat ini ikut arus dari budaya luar.

Demikian ,diungkapkan Yopi Degei,Ketua Lembaga Masyarakat Adat ( LMA ),Kabupaten Dogiyai,di Sekertariat, Mauwa ,Dogiyai, Selasa,(19/04/16)

Ia menjelaskan, berkurangnya eksistensi nilai budaya ini disebabkan karena kurangnya memberikan pemahaman kepada masyarakat . Bahkan sampai saat ini,belum ada kerjasama antara Pemerintah dan lembaga adat untuk memberikan pengetahuan masyarakat pentingnya melestarikan budaya itu.

“ Saat ini ,rata – rata sebagian masyarakat saja yang memahami dan mempertahankan,masyarakat sebagian lain belum tahu .Apalagi anak – anak yang sekarang ,belum tahu tentang adat sebagai jati diri mereka itu “ Jelasnya

Ia mencontohkan , anak panah dan busur . Saat ini ,anak – anak yang sekarang belum bisa buat anak panah dan busur .Padahal,ini merupakan eksistensi adat yang selalu dipertahankan oleh orang tua kita.

“Kalau seperti begini berarti sudah hilangnya adat – adat yang sudah ada dari dulu itu”katanya

Ia mengakui, lunturnya nilai-nilai budaya lokal lantaran masyarakat sudah terkontaminasi dengan budaya – budaya baru yang sedang berkembang ini dan masuk didaerah – daerah ,sehingga lupa dengan adat dirinya sendiri maupun keluarganya yang sudah ada dari dulu itu.

Untuk itu, Ia berharap sebagai mitra kerja antara Pemerintah dan lembaga adat , harus bekerja dengan lembaga adat agar terus mendorong dan mengembalikan adat istiadat yang sudah ditelang oleh perkembangan modern saat ini.

” Selamana ini pemerintah daerah tak pernah kerjasam dengan kami. Kalau pemerintah punya niat baik,maka mari kita kembalikan adat –adat yang sudah punah itu.Saya minta pemerintah dukung baik secara moral maupun material” harapnya.

Agustinus Keiya

 

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM