324 lansia di Paniai terima bantuan uang tunai

Bupati Paniai Meki Nawipa ketika memberikan bantuan uang tunai secara simbolis kepada lansia di Lobby Kantor Bupati Paniai. (Foto:Demianus/PapuaLives)

PANIAI – Bupati Kabupaten Paniai  melaunching program Bantuan Jaminan  Sosial  yang difokuskan kepada masyarakat pada tingkat umur lanjut usia 65 tahun keatas. dengan jumlah  uang tunai yang diberikan sebesar Rp.200 000,- perbulan ada sebanyak 324 jumlah lansia di Paniai menerima uang tunai tersebut.

Melalui Bantuan Jaminan Sosial ini  perlu peningkatan khusus lansia ini merupakan masa-masa paling rentan dalam siklus kehidupan manusia. Daya tahan tubuh lansia berkurang sehingga tidak mampu, bekerja secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Program ini merupakan kebijakan strategis Bupati Paniai yang di kemas dalam Paniai untuk lansia.

” Kami Pemda Paniai bertujuan, meningkatkan kesejateraan khusus kebutuhan kesehatan dan ekonomi bagi lansia. Masyarakat Paniai dapat merasakan, menikmati langsung dana APBD  melalui Program Paniai untuk lansia.” kata Bupati Meki (24/11/2020) dalam kegiatan itu.

Selanjutnya, Menurut Bupati Meki  berharap bantuan ini dapat sampai pada sasaran dan tepat dinikmati langsung oleh penerima manfaat. Dalam hal ini bagi usia lanjut akan bayarkan langsung kepada penerima manfaat. Syarat yang dibutuhkan berusia 65 keatas dilengkapi KTP dan  Kartu Keluarga.

“Berharap bahwa tingkat kesejahtraan dalam hal ini kesehatan dan ekonomi lansia terlayani. Kegunaan dana dari batuan ini menyediakan kebutuhan lansia baik itu membeli makanan, obat-obatan , pakaian dan lain-lain.” harap Bupati dalam kegiatan itu.

Menurut informasi dihimpun media,  sasaran bantuan ini diutamakan bagi orang asli Papua di Paniai yang berusia 68 tahun keatas atau masyarakat dalam usia lanjut usia. Program Awal telah dibagikan adalah 4 Distrik Yakni, Ditrik Pania timur, Distrik Bibida, Distrik Agadide dan Ditrik Ekadide. Untuk Tahun 2020 seterusnya akan ada penambahan beberapa Distrik seterusnya sampai semua Distrik yang ada Paniai mendapatkan Program ini. Adapun sumber  dana dari APBD tahun 2020 dan sumber dana DAU.

Berikan Komentar Anda