388 KPM di Kampung Utikini Baru Terima BLT DD Tahap III (20%)

MIMIKA – Pemerintah Kampung Utikini Baru pada sore hari ini, telah secara resmi menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap III Alokasi 20% Terakahir tahun anggaran 2020, di Kantor Kampung Utikini Baru Distrik Kuala Kabupaten Mimika, Selasa, (22/12/2020). Hal itu dikatakan Kepala Kampung Utikini Baru, Luther Karagainal saat menyapaikan sambutan sekaligus menyerahkan BLT dimaksud.

“Bantuan Uang Corona ini, kami berikan kepada masyarakat Utikini Baru dari belanja Dana Desa Kampung Utikini Baru. Dengan Jumlah sembilan ratus ribu per keluarga untuk total tiga ratus delapan puluh delapan penerima manfaat,” Ujar Luther.

Luther menjelaskan, BLT DD Tahap III (20%) itu merupakan lanjutan BLT yang sudah diterima sebelumnya, yaitu tahap I, II dan sekarang yang ketiga. Dari ketiga ini, diperuntukan untuk bulan Oktober – November dan Desember sesuai Prubahan Aanggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK) Tahun 2020 ini, yang mana ditetapkan sesuai Peraturan Mentri Keuangan (PMK) Nomor 156 dan PeraturanMentri Desa, Trasmingrasi dan Daerah Teritnggal(Kemendes-PDTT) bahwa besaran BLT ditetapkan sebesar Rp. 300.000,00 per bulannya.

Lanjut Luther, jadi Masyarakat akan terima sebesar Rp. 900.000,00,- per keluarga penerima manfaat (KPM) sebagai wujud Pemerintah Kampung dalam meneruskan program Pemerintah dalamupaya meringangkan beban sosial ekonomi masyarakat akibat dampak Cororona Virus – 19 itu.

Besaran DD 20% Utikini Baru, ialah sebesar, Rp. 399.210.400,00 (Tiga Ratus Sembilan Puluh Sembilan Juta, Dua Ratus Sepuluh Ribu, Empat Ratus Rupiah). Yang mana, terbagi menjadi dua kegiatan. Pertama ialah BLT, Rp.349.200.000,00 dan yang kedua yaitu lanjutan Padat Karya Tunai (PKT) Penimbunan Jalan Baru, Rp. 50.010.400,00 (Lima Puluh Juta, Sepuluh Ribu, Empat Ratus Rupiah). Sehinga kedua kegiatan itu semunaya telah memenuhi jumlah 20% (Rp. 399. 210.400,00) Dana Desa, sekaligus merupakan DD tahap terakhir.Luther Menilai,

mamsyarakat kadang lalai dalam menjalankan Disiplin dengan cara memakai masker, cuci tangan dan lain-lain untuk mencegah Covid – 19 karena memang masyarakat Menilai tidak terlalu penting. Akan tetapi, dengan adanya Bantuan Langsung yang sudah diberikan selama ini, warga Utikini Harus mengerti untuk meneruskan aturan Pemerintah itu,terutama dalam pencegahan dan penanganan Covid.

Pada acara Penyerahan BLT itu, turut hadir tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD) Kampung Utikini Baru, James Duma, Babinsa Utikini Baru, Hengki Haluk dari Koramil Kuala Kencana, Aparat Kampung, Bamuskam dan 4 Kepala Dusun serta 9 Ketua RT di Kampung Utikini Baru. dilanjutkan, secara teknis, Pembagian kali ini telah disepakati sebelumnya pada Muswarah Kampung yang menyetuji untuk teknis pembagian diserahkan kepada Dusun, untuk selanjutnya didampingi oleh Pelaksana Kegiatan, PLD lalu akan dibagiakan kepada mereka para Penerima Manfaat tersebut.

Terpisah, Babinsa Utikini Baru, Hengki Haluk menambahkan, dengan Bantuan yang diberikan dari Pemerintah Kampung berupa BLT ini, diharapkan warga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama, dalam menyongsong Natal ini. Tak lupa pula, Hengki mengajak Masyarakat agar menjaga proses pembagian BLT, dengan lancar dan baik pada sore hingga selesai malam ini (22/12/2020). Dengan begitu, maka Kampung Utikini akan tetap aman dan kondusif dalam menyongsong Perayaan Natal 25 Desember 2020 bagi Umat Kristen Besok nanti.

Hal senadah pun dikatakan Oleh Bapak Kepala Dusun 04 Utikini Baru, Timenus Kogoya. Menurut Timenus, Bantuan Corona ini, sangat membantu warga masyarakat. Apalagi ini menjelang Hari Raya Natal dan Tahun baru.

“Luar Biasa, tidak Gampang. di Utikini Baru tahun ini, masyarakat banyak mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kampung. Ada Uang maupun barang yang diberikan,” Puji Timenus.

Kepada Seluruh masyarakat Kampung Utikini Baru, Atas Nama Kepala Kampung beserta Aparat, sangat berterima kasih karena telah membantu menjalankan Pembangunan di Kampung Utikini Baru. Luther juga mengucapkan terima Kasih Banyak kepada tenaga Pendamping Desa, Distrik, Bamuskam, Babinsa, Babinkamtibmas dalam periode tahun pertama pengelolaan Pemerintah Kampung Utikini Baru.

Berikan Komentar Anda