Beranda Advertorial Perdana, Asosiasi Wartawan Papua (AWP) gelar pelatihan pengelolaan media online

Perdana, Asosiasi Wartawan Papua (AWP) gelar pelatihan pengelolaan media online

1641
0
Berpose bersama saat pembukaan Pelatihan Pengelolaan Media Online tingkat pimpinan se-Tanah Papua. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA – Pertama kali atau Perdana organisasi Asosiasi Wartawan Papua atau AWP menggelar Pelatihan Pengelolaan Media Online tingkat pimpinan se-Tanah Papua di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari di salah satu hotel bilangan Abepura mulai Senin 25 sampai 27 Maret 2024.

Ketua AWP Elisa Sekenyap dalam sambutan menceritakan, sejarah sejak berdiri hanya berbentuk komunitas, bahkan membentuk grup Whatshap dan melakukan diskusi-diskusi, tetapi juga pelatihan pengelolaan, dan penggunaan media online.

“Jadi mimpi membentuk Forum hingga menjadi AWP adalah harapan jurnalis asli Papua agar berkumpul dalam satu wadah,tentunya untuk belajar menulis,mengelola media, belajar berbisnis media, belajar publik-speaking, belajar bahasa asing tetapi juga meningkatkan kualitas dan kapasitas diri sebagai jurnalis asli Papua,” kata Elias [25/03/2024] kutip media ini.

Lanjut Elisa, sebagai anak-anak Papua harus bisa mengawal Otonomi khusus atau (Otsus). Bagaimana Otsus itu di implementasikan di tanah Papua. Selain itu juga Elisa mengakui pelatihan ini merupakan pergumulan wartawan Papua selama ini.

” Terutama para pengelola media untuk mengembangkan kapasitas kelembagaan, tetapi juga kapasitas sumber daya manusia. Hal ini merupakan gambaran dari visi Asosiasi Wartawan Papua, yaitu “menjadikan AWP sebagai wadah pemersatu, pengkaderan dan pendidikan di bidang jurnalistik,” jelasnya.

Kesempatan itu, Mewakili Pj Gubernur Provinsi Papua Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Elsye Rumbekwan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya pelatihan dan rapat kerja adalah dua momentum penting.

“Kenapa penting, karena ini sesuai tugas pokok sebagai seorang wartawan,” katanya.

Elsye meminta agar wadah ini bisa terus kumandangkan kebersamaan di tengah-tengah hidup masyarakat Papua. Pihak Pemerintah Provinsi Papua selalu mendukung penuh perkembangan Media dan Insan Pers di Tanah Papua.

“Atas nama pemprov berikan apresiasi atas terselenggara kegiatan ini. Ini adalah wadah baru namun solid dan berikan kerja secepat kilat,”ujarnya kutip media ini.

Untuk ketahui bersama, AWP merupakan organisasi jurnalis asli Papua. Berdiri pada tahun 2017 dengan nama Forum Calon Pempinan Papua wadah ini didirikan oleh beberapa wartawan Papua.