Berbagai event warnai HUT ke – 51 SMA YPPK Taruna Bakti Waena – Jayapura

Suasana saat pemotongan kue Ulang Tahun HUT TB Waena ke 51. (Foto: Eddy/PapuaLives)

JAYAPURA – SMA Yayasan Pendidikan Persekolahan Katolik (YPPK) Taruna Bakti (TB) Waena sudah merayakan hari jadinya ke 51 tahun. Puncak perayaan sykuran itu dilaksanakan di lapangan upacara, halaman sekolah SMA YPPK Taruna Bakti Waena, jalan. SPG Taruna Bakti, kelurahan Yabinsai Distrik Heram – Jayapura. Kamis, (01/9/2022).

Dalam siaran pers kepada media ini,  anggota DPRP Jhon NR Gobay, melalui pesan whatshap, Kamis, (01/9/222).

Bacaan Lainnya

Gobai menyampaikan dirinya pun turut hadir sebagai Ketua Ikatan Alumni Taruna Bakti Waena dalam acara syukuran Hari Jadi ke 51 Tahun (1 September 1971- 1 September 2022) yang dilaksanakan di lapangan SMA Taruna Bakti Waena itu.

Turut hadir pada acara acara ulang tahun, Pengawas SMA, Direktur YPPK kota dan kabupaten Jayapura, Perwakilan Korem 171/PVT Jayapura, ibu Ketua penggerak PKK kota Jayapura, Kapolsek Heram, Polres Kota Jayapura, AKP. Frengky Rumbiak, dan juga Kepala Sekolah SMA dan SMK sekitar wilayah kota Jayapura.

Juga turut hadir, sosok pensiunan guru asal SPG TB, Paskalis Kossay yang juga tokoh Katolik di Keuskupan Jayapura dan tanah Papua, serta para alumni SMA dan SPG Taruna Bakti Waena Jayapura bersama para siswa dan siswi SMA Taruna Bakti.

Pada acara puncak itu, acara diisi juga dengan penyerahan piala juara lomba yospan dan uang pembinaan serta penampilan tari tarian yosim Pancar tarian dari darah Batak dan tarian dari Kei oleh siswa-siswi SMA TB. Juga ada Doorprice yang di sediakan panitia kepada para murid, tamu dan undangan dalam acara itu.

Namun, jauh sebelum puncak perayaan HUT kemarin di Jayapura, berbagai event semarak HUT ke -51 SMA TB Waena, juga sudah diwarnai dengan dua kegiatan besar, baik di dalam lingkungan Sekolah dan juga diluar sekolah.

Didalam sekolah, Panitia HUT menyelenggarakan perlombaan yosim Pancar, lomba Pidato Bahasa Inggris, lomba kebersihan kelas, serta lomba bola basket yang diikuti dan dimeriahkan oleh seluruh kelas dan jurusan di SMA TB Waena itu.

Sementara semarak yang dilakukan oleh Panitia bersama Alumni yang turut hadir diluar sekolah atau lingkungan sekitaran sekolah (kompleks SPG Taruna Bakti) ialah jalan santai, penanaman pohon dan bunga di halaman sekolah dan lingkungan SMA YPPK TB, Kompleks Waena.

Pada puncak acara itu, para tamu dan undangan, pun melakukan suap kue Ulang tahun ke 51 Tahun. Adapun mereka yang melakukan makan kue bersama itu ialah Kepala Sekolah, perwakilan TNI/Polri, Ketua Alumni Taruna Bakti, ketua YPPK kota Jayapura dan Papua, serta pelayan hamba Tuhan atau pastor yang memimpin Ibadah perayaan syukuran itu.

Ketua Alumni TB Waena Jayapura, Jhon NR Gobai mengatakan, bangga sebagai alumni Taruna Bakti Jayapura.

“Saya kira semua alumnus Citivitas YPPK Taruna Bakti pasti merasa bangga pernah didik disekolah ini dalam sepanjang sejarah kirpah pendidikan di Tanah Papua,” beber Jhon.

Jhon pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh Citivitas Alumni SMA TB Waena Jayapura di Tanah Papua dan Papua Barat yang telah ikut andil dalam sumbangsih material, pikiran dan doa sehingga pihak sekolah, Panitia dapat menyukseskan acara Hari Ulang Tahun TB itu.

Dirinya sedikit bercerita tentang perjalan Taruna Bakti itu. Dikatakan, saat masih berstatus Propinsi Irian Jaya kala itu. Kini dengan berjalanya waktu, seiring perubahan kurikulum, kemajuan teknologi di bidang since dan Pendidikan, SMA Taruna Bakti pun ikut berbenah diri menyesuaikan laju perkembangan jaman dalam mencetak sumber daya manusia Papua.

Tepat pada 01 September 2022 kemarin, Usia SMA YPPK Taruna Bakti Waena pun beranjak dari usia emasnya ke -50 tahun bertambah menjadi 51 tahun, sejak lahirnya SMA itu pada 01 September 1971 di Jayapura atau Holandia silam.

Tentu, dengan sejalanya waktu, SMA Taruna Bakti pun turut menyumbangkan SDM yang handal di Tanah Papua, terutama dalam tenaga pendidik atau guru kala itu, sebelum berevolusi menjadi SMA seperti saat ini.
Sehingga dalam memperingati Hari Jadi ke 51 tahun itu seluruh Citivitas SMA Taruna bakti pun turut andil dalam mewarnai hajatan itu dengan berbagai lomba yang melibatkan pihak sekolah, yayasan YPPK, seluruh Citivitas Taruna Bakti serta para pelajar Taruna Bakti di Sekolah SMA yang terletak di jalan. SPG Taruna Bakti kelurahan Yabinsai Distrik Heram – Jayapura .

Dikatakan, SMA YPPK YB Waena, yang memiliki nomor Pokok sekolah nasional, 60301025 tahun 2022 ini, telah berjalan cukup panjang sejak peninggalan para misosinaris Katolik asal Belanda di Tanah irian Jaya kala itu.

Lanjutnya, SMA TB saat ini, sebelumnya sekolah Pendidikan Guru (SPG) di Jayapura, irian jaya pada sekitaran tahun 1980-an. Yang mana ketika itu dibentuk untuk mencetak Sumber Daya Manusia Papua (SDM) di tanah Papua terutama yang tentunya di persiapkan secara handal sebagai tenaga pendidik atau para guru.

“Di Timika yang senior, ada Paguru Thomas Mutaweyau orang asli Mimika. Sekarang pensiun dari Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Mimika. Serta masih banyak lagi orang Mimika lainya yang pernah dibekali di SPG Taruna Bakti,” kisah Gobai.

Jauh sebelum didirikannya yang saat ini menjadi SMA, ada SPG, lalu sebelumnya lagi, ada SGB atau sekolah guru bantu, Sekolah guru Agama.

“Tentunya semua itu tidak terlepas dari misi para Imam Katolik untuk membangun Papua melalui pendidikan,” pungkasnya.

Hingga saat ini, Kepala sekolah yang pernah menjabat sejak pertama h atau di tahun 1970 – 1978, Sr. Y.A.Y.K Waezon DSY, hingga usia perjalanan panjang SMA YPPK TB, mencapai usia 51 tahun saat ini dijabat oleh, Cornelia Ragainaga, S.Pd., M.Pd.

Berikan Komentar Anda

Pos terkait