Seleksi CPNS sesuai Amanat Otsus , DPRP Sarankan MRP beri Penghargaan kepada Bupati Paniai

NABIRE – Dengan berakhirnya pengumuman pasca penerimaan CPNS formasi 2018 yang baru diumumkan diseluruh Papua, orang Papua mendapatkan kewenangan khusus melalui amanat UU 21 Tahun 2001 tentang otonomi khusus. Dalam UU 21 Tahun 2001 telah diatur kekhususan, Sehingga rekrutmen CPNS formasi 2018 di seluruh Papua harus berpihak kepada orang asli Papua sebagai representasinya.

Namun itu hampir seluruh Papua gagal menjalankan amanat UU 21 Tahun 2001.
Semenjak Papua diberlakukan uud 21 tahun 2001 tentang otsus bagi Papua dan Papua Barat, Kecuali Kabupaten Paniai dibawah pimpinan Meki Nawipa, Melalui penerimaan CPNS Formasi 2018, Bupati Paniai melakukan amanat uud OTSUS Di Bumi cendrawasih, Beliau telah membuktikan kepada orang asli Papua (OAP) , kebijakan dan kontrol yang jituh telah dilakukan oleh Meki Nawipa, seorang Pemimpin muda yang berani mewujudkan UU Otonomi khusus di daerah untuk masyarakat asli Papua.

Mengigat itu, lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Papua [DPRP] Melalui fraksi bangun Papua meminta agar Majelis Permuswaratan Rakyat (MRP) segera berikan piagam khusus kepada Bupati Paniai. Hal ini dengan tegas disampaikan oleh Sekertaris Fraksi Bangun Papua Alfred F. Anouw anggota DPR Papua.

“Bupati Paniai mampu terapkan Amana UU 21 Tahun 2001 dalam penerimaan CPNS formasi 2018 di kabupaten Paniai, di seluruh Papua hanya Bupati Paniai yang mampu melakukan ini, tidak ada kebupaten lain di seluruh Papua, untuk itu kami dari fraksi bangun Papua minta kepada MRP untuk berikan piagam kepada Bupati Paniai”, tegas Alfred F Anouw DPR Papua melalui sambungan telfon Selasa (27/08/2020).

“Kami apresiasi kontrol dan sikap konsitensi Bupati Paniai dalam mewujudkan UU Otsus ini. Hal ini jangan dianggap biasa, harus diberikan penghargaan atau piagam khusus”, lanjut Anouw kepada media.

Ia menambah juga bahwa, keberanian harus diberikan apresiasi setinggi-tingginya supaya menjadi pengalaman yang dapat pelajari seluruh pemimpin di Papua, dan Ini salah satu kemajuan yang baru, untuk itu dengan sikap tegas kami dari fraksi bangun Papua meminta agar MRP segera berikan piagam kepada bupati Paniai.

“Keberanian harus diberikan aplous/apresiasi khusus, agar supaya menjadi pengalaman yang dapat pelajari seluruh pemimpin di Papua. Ini salah satu kemajuan baru”, jelas Alfred F. Anouw kepada wartawan melalui sambungan teflon Selasa (27/08/2020)

“Kami dari fraksi bangun Papua meminta untuk MRP segera dan harus memberikan piagam kepada bupati Paniai”terangnya kepada media ini.

Berikan Komentar Anda