Bhayangkara Ke-76, Polres Nabire Gelar Syukuran

Tampak Bupati Kabupaten Nabire Mesak Magai (Baju Putih) bersama Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya serta Forkopimda Nabire saat berpose bersama. (Foto: Dok for papualives)

NABIRE – Setelah melaksanakan upacara Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022 secara virtual dilanjutkan dengan acara syukuran, bertempat di Mapolres Nabire, Selasa (5/07/2022).

Turut hadir dalam kegiatan syukuran Hari Bhayangkara ke – 76 Bupati Kabupaten Nabire Mesak Magai, Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya, jajaran Forkopimda Nabire dan Para Tamu Undangan lainnya serta personil Polres Nabire, Brimob Yon C Pelopor Polda Papua dan BKO Brimob Nusantara.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutan Kapolda Papua yang dibacakan oleh Kapolres Nabire bahwa pada kesempatan yang baik ini, atas nama pribadi dan selaku pimpinan maka kami mengucapkan selamat Bari Bhayangkara ke – 76 kepada seluruh personel Polri. Diiringi dengan ucapan termakasih atas segenap kerja, dedikasi dan loyalitas dalam meningkatkan kinerja serta pelayanan guna mewujudkan organisasi polri yang unggul dan dipercaya oleh masyarakat.

“Kita menyadari, bahwa seluruh capaian dan keberasilan yang telah diraih dalam setiap pelaksanaan tugas, tidak terlepas dari dukungan peran serta segenap stakeholder dan masyarakat” Kata Kapolres Nabire.

Perlu kami sampaikan juga tema yang di angkat pada peringatan hari bhayangkara ke – 76 yakni “Polri yang presisi mendukung mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan indonesia tangguh-indonesia tumbuh”.

“Tema ini merupakan representasi dari tekad dan semangat polri dalam menindaklanjuti program dan kebijakan yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui upaya pembenahan dan perubahan yang dilakukan secara substansial dan strategis,” ucap Kapolres.

Dalam implementasinya, pelaksanaan harus dimulai dari kesadaran tiap pribadi personil polri untuk kembali mengaplikasikan nilai-nilai dasar kehidupan seperti menjadi teladan di tengah mastarakat, budaya disiplin, dan menerapkan kaidah positif lainnya. mengingat profesi polri adalah profesi yang senantiasa berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga mempunyai akses dan dampak sosial yang relatif cukup luas. apabila upaya perubahan dan perbaikan tersebut mampu terus dilakukan, maka dapat berkembang menjadi kekuatan besar pada level organisasi dan dapat memberikan dampak perubahan yang positif pada masyarakat dan seluruh elemen bangsa.

Perlu dimaklumi bersama bahwa tugas – tugas polri saat ini dan ke depan akan semakin berat dan kompleks. menciptakan situasi kamtibmas di era demokrasi dan kebebasan tidaklah mudah. Anggota polri harus memberi contoh dalam kepatuhan dan ketaatan kepada hukum. keteladanan tersebut merupakan cara yang lebih efektif untuk mendidik masyarakat agar senantiasa patuh dan taat hukum.

Dalam penegakan hukum, polri harus tegas, tidak diskriminatif, dan memperkecil dampak sosialnya. karenanya, penguasaan hukum, taktis, dan teknis kepolisian harus terus menerus ditingkatkan dan dilatihkan agar anggota polri benar-benar terampil dan professional dalam melaksanakan tugasnya, kedepan, polri akan dihadapkan pada berbagai agenda kalender kamtibmas yang membutuhkan antisipasi dan pengamanan yang sungguh – sungguh.

“Salah satunya yaitu pemekaran daerah otonomi baru (DOB) dan rangkaian kegiatan pilkada tahun 2024 , menghadapi agenda tersebut, saya berharap seluruh jajaran Polda Papua mempersiapkan rencana pengamanan dengan sebaik-baiknya. lakukan identifikasi kerawanan — kerawanan dan potensi konflik yang ada dan lakukan langkah-langkah antisipasinya. saya mengingatkan, pelaksanaan pengamanan tersebut jangan dianggap sebagai kegiatan yang rutin karena bisa membuat kita lengah. semua ancaman dan resiko harus diperhitungkan dengan cermat karena setiap kegiatan memiliki faktor dan tingkat kerawanan yang berbeda. kalau semua perencanaan dan persiapannya telah dilakukan dengan baik, ditindaklanjuti dengan chek dan re-chek, saya yakin pelaksanaan dan hasilnya akan baik,” ujar Kapolres.

Hadirin yang saya hormati dan saya banggakan, kedepan, jajaran Polda Papua terus berupaya secara konsisten dan senantiasa mengharapkan adanya masukan, kritik dan saran yang kontruktif dari seluruh lapisan masyarakat sehingga kualitas pelayanan kepolisian akan semakin meningkat, apabila dalam penyelenggaraan rangkaian acara peringatan hari bhayangkara ke — 76 tahun 2022 sampai dengan acara syukuran ini terdapat hal-hal yang kurang berkenan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Berikan Komentar Anda

Pos terkait