Beranda Advertorial BNPT Pastikan World Water Forum Ke-10 Berjalan Lancar

BNPT Pastikan World Water Forum Ke-10 Berjalan Lancar

144
0

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memastikan keamanan penyelenggaraan event internasional World Water Forum (WWF) Ke-10 yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali mulai 18 hingga 25 Mei 2024 berjalan lancar.

Dalam mendukung keamanan penyelenggaraan WWF, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Roedy Widodo menuturkan bahwa BNPT terus melakukan penguatan dibidang intelijen, assessment objek vital, pengamanan lingkungan hingga melaksanakan berbagai kegiatan pada daerah penyangga untuk meminimalisir potensi gangguan keamanan.

“Baik dari penguatan dibidang intelijen pencegahan, assessment objek vital, pengamanan lingkungan, hingga melaksanakan penggalangan kepada sejumlah eks napiter dan kelompok-kelompok yang dianggap memiliki potensi mengganggu kelancaran penyelenggaraan acara World Water Forum di wilayah Bali dan Wilayah Penyangga yaitu Jawa Timur dan NTB,” jelas Roedy saat melakukan koordinasi di Posko Utama BNPT pada Jumat (17/05/2024).

Dirinya melanjutkan, selain mendukung sektor pengamanan, BNPT secara terus menerus melakukan pemantauan jejaring media sosial yang juga menjadi kanal penyebaran opini negatif dan propaganda yang dapat mempengaruhi kelancaran berjalannya kegiatan tersebut.

“BNPT juga memantau terus keadaan di media sosial yang kerap menjadi kerawanan dalam menyetir opini-opini yang tidak bertanggung jawab, penyebaran berita bohong atau hoax, dan agitasi atau propaganda yang mengarah kepada penyelenggaraan acara WWF,” ujar Roedy.

Pada kesempatan tersebut, Roedy juga menyampaikan jika BNPT juga aktif dalam melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait di tingkat pusat maupun wilayah demi mencapai hasil yang maksimal tersebut.

“BNPT telah melaksanakan koordinasi dengan aparat keamanan penegak hukum TNI/POLRI, BIN, BAIS, K/L terkait baik dari tingkat pusat dan kewilayahan,” sebut mantan Kepala Biro Perencanaan, Hukum dan Hubungan Masyarakat BNPT.

Dirinya juga menyampaikan bahwa salah satu tolak ukur keberhasilan dalam pengamanan acara World Water Forum akan menjadi salah satu bentuk pembuktian bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan event internasional dengan sebaik-baiknya

“Terselenggaranya acara dengan aman, nyaman dan tertib tentu menjadi tolak ukur keberhasilan acara ini. Peran aktif masyarakat menjadi poin penting bahwa semua elemen harus ikut menjaga ketertiban dan kepatuhan terhadap hukum adalah sebuah kesuksesan bersama yang nantinya menjadi kebanggaan bahwa bangsa Indonesia selalu mampu menyelenggarakan event berkelas internasional dengan sebaik-baiknya,” tutup Roedy.