Balik Atas
BPMK Ajak Warga Pegunungan Bikin Kebun Kopi
 
Pewarta: Redaksi Edisi 24/02/2019
| 301 Views
Kopi Arabika (Foto:Dok.PapuaLives)

Jayapura,Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Papua mengajak seluruh warga bumi cenderawasih di wilayah pegunungan agar membuat kebun kopi di sekitar pekarangan rumahnya.

Dengan demikian diharapkan kedepan, seluruh warga dapat memiliki pendapatan serta meningkatkan ekonomi keluarganya.

Paling tidak jika belum bisa membuat sendiri mungkin dengan difasilitasi kepala kampung setempat, kemudian membuat kebun kopi bersama. Dari situ kemudian bisa dikelola secara bersama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di kampung tersebut,” terang Kepala BPMK Papua Donatus Motte, di Jayapura, kemarin.

Ia pun mengimbau agar pemerintah daerah di wilayah pegunungan dapat mendukung serta memprakarsai pembuatan kebun kopi seluas dua hektar per kabupaten. Dengan demikian, kebun kopi tersebut diharapkan mampu menopang pendapatan daerah, sebab komoditi asal Papua ini sangat diburu masyarakat nusantara bahkan mancanegara.

“Yang pasti harapannya selain mendorong pertumbuhan ekonomi, harapannya bisa memenuhi permintaan kopi dari mancanegara maupun dalam negeri sendiri.”

“Sebab jujur, permintaan kopi dari Papua sangat luar biasa tinggi. Karena kopi Papua juga dikenal enak serta memiliki cita rasa tinggi. Sehingga sangat disayangkan bila tak dikembangkan,” tutur mote.

Ia mengaku sudah menyampaikan hal itu kepada sejumlah kepala daerah. Kendati demikian, hal ini perlu didorong oleh aparatur pemerintahan setempat serta kepala kampung.

“Karena kami di provinsi ini sifatnya hanya pengendalian saja. Tetapi uang semuanya ada di kampung,” tutupnya.

Humas Pemprov Papua

Berikan Komentar Anda