CAAIP CENTER Hadir untuk Kemajuan Negeri 

Berpose bersama anggota CAAIP CENTER dalam salah satu kesempatan. (Foto:Dok for papualives.com)

JAKARTA – Corps Alumni Akademi Ilmu Pelayaran (CAAIP) kini memiliki basecamp baru yang diberi nama CAAIP Center. Tempat ini pada tanggal 3 Maret 2022 telah resmi diserahterimakan dari pemilik rumah lama Freddy Lasut kepada CAAIP. Acara serah terima dan pemberian nama dihadiri antara lain, Capt.Taufik Ketua Yayasan Ancol Marunda beserta jajarannya, Badan Pengurus Pusat (BPP) CAAIP Capt. Syahrial Nasution, dan beberapa alumni CAAIP.

“Keberadaan CAAIP CENTER sangat diharapkan dapat memberi manfaat yang lebih berarti bagi kemajuan dan perkembangan dunia maritim di Indonesia, melalui kiprah para alumni dalam wadah Corps Alumni Akademi Ilmu Pelayaran (CAAIP)  dimanapun berada,” demikian diungkapkan Ketua Umum CAAIP Capt. Hepi M.Faizal MM dalam keterangan persnya, Minggu (6/3/2022).

Bacaan Lainnya

CAAIP CENTER yang berada di jalan Berdikari No. 10, Tanjung Priok  adalah sebagai proses pengembangan yang berkelanjutan secara terus menerus dari yang sebelumnya berada di Kelapa Gading.

“Saya sebagai Ketua Umum CAAIP sangat mengapresiasi semangat dan kekompakan seluruh alumni. Sehingga bisa terwujudnya CAAIP CENTER di jalan Berdikari Terusan 10 sekarang ini,” katanya.

“Pemakaian nama  CAAIP CENTER bukanlah suatu hal yang datang begitu saja. Namun hal ini didasari untuk memberikan motivasi dan  keyakinan bahwa melalui jaringan alumni di manapun berada, semua siap untuk bergerak. Semua siap untuk saling bermanfaat dan siap saling mendukung untuk lebih melebarkan kiprahnya di semua bidang yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pelayaran, kepelabuhanan, logistik, pemerintahan, politik dan tentu juga di bidang-bidang yang lain,” sambungnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Captain Marcellus Hakeng Jayawibawa sebagai Kepala Bidang Hukum CAAIP juga berharap agar para Alumnus bisa menggunakan CAAIP Center ini dengan sebaik-baiknya.

“CAAIP Center dapat kita jadikan sebagai tempat untuk berdiskusi dan melahirkan ide-ide kreatif serta edukasi nonformal seputar dunia kemaritiman di Indonesia dan mancanegara. Negara kita adalah negara maritim. Kalau bukan kita sebagai Alumnus siapa lagi yang peduli dan ingin memajukan sektor kemaritiman yang memiliki potensi besar untuk devisa negara.,” kata Capt. Hakeng.

“CAAIP adalah organisasi alumni dari lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) yang sebelumnya bernama Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) dan Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP). Dimulai dari tahun 1953 yang kemudian diresmikan pendiriannya oleh Ir Soekarno (Presiden Pertama Republik Indonesia)  pada tanggal 27 Februari 1957. Para lulusan akademi ini sudah berkiprah memberikan kontribusi positif dalam semua bidang, khususnya maritim di dalam dan luar negeri.

“Jadi, kesiapan untuk selalu aktif dan inisiatif dari para alumni dimanapun berada mesti tertanam secara terus menerus. Apalagi dalam menghadapi pergerakan dan perubahan  dunia yang terjadi setiap saat, agar selalu menjadi yang terdepan,” pungkasnya. (***)

Berikan Komentar Anda

Pos terkait