Dana BANGGA Papua di Lanny Jaya diterima 3.935 Ibu dari 4.610 anak
Pewarta: Redaksi
| 102 Dibaca
EDISI TERBIT: 8 Februari 2020
Brosur Program Bangga Papua (Foto:Humas/PapuaLives)

Lanny Jaya , 3.935 Ibu dari 4.610 anak penerima manfaat Program #BANGGAPapua di Kabupaten Lanny Jaya, menerima dana yang menjadi hak mereka. Dana sejumlah Rp 6.051.600.000 digelontorkan oleh Pemprov Papua dan Pemkab Lanny Jaya, bersumber dari #danaotsuspapua.

Sejak 28 Januari 2020, Sekretariat Bersama (Sekber) Lanny Jaya melakukan kegiatan pencairan dana di dua titik, yaitu: Kantor Cabang Bank Papua Wamena dan Kantor Cabang Bank Papua Tiom, Lanny Jaya. Pencairan dana di dua titik ini untuk melayani 39 distrik: 13 distrik dilayani di Wamena dan 26 distrik dilayani di Tiom.

Kerjasama yang baik dengan @bankpapua1966 memungkinkan Sekber Kabupaten melakukan kegiatan pencairan dana secara simultan dalam jangka waktu 2 bulan. Untuk kegiatan kali ini, Sekber Kab Lanny Jaya memperkirakan akan berlangsung hingga 14 Februari untuk titik pembayaran di Wamena, dan 3 Maret untuk titik pembayaran di Tiom, Lanny Jaya.

Sebagaimana biasa, setiap penerima manfaat melalui proses verifikasi data terlebih dahulu, sebelum membuka rekening bank (bagi penerima manfaat baru) atau melakukan penarikan dana (bagi penerima manfaat lama). Penerima manfaat yang sebelumnya sudah pernah menerima dana BANGGA Papua, hanya perlu membawa buku tabungan BANGGA Papua dan menunjukkan dokumen identitas dirinya.

Selain memastikan penerima manfaat adalah orang yang tepat, pihak Sekber dan Bank Papua juga membantu penerima manfaat dalam membuka rekening (bagi penerima manfaat baru) atau membuat slip penarikan dana (bagi penerima lama), serta tentu saja memastikan dana akan digunakan sesuai peruntukannya.

Sekber Kab Lanny Jaya terus-menerus memberikan edukasi tentang pemanfaatan dana. Selama kegiatan pencairan dana, edukasi pemanfaatan dana BANGGA Papua dilakukan dua kali. Pertama, saat menunggu giliran, mama-mama akan diputarkan film tentang BANGGA Papua serta sosialisasi dalam bentuk gambar yang diberi suara dengan bahasa lokal. Kedua, setelah menerima dana, anggota Sekber Kab Lanny Jaya kembali mengingatkan mereka tentang pentingnya menjaga gizi anak dengan memanfaatkan dana dari BANGGA Papua

Kab Asmat dan Kab Paniai akan segera melakukan kegiatan yang sama di bulan Februari hingga Maret 2020.

Dana BANGGA Papua adalah bentuk penggunaan dana Otsus yang manfaatnya langsung dirasakan oleh Orang Asli Papua.

Humas Pemprov Papua

Berikan Komentar Anda