Beranda News Demi SDM, SMK Negeri 5 Kemaritiman Mimika Perlu Perhatian

Demi SDM, SMK Negeri 5 Kemaritiman Mimika Perlu Perhatian

752
0

MIMIKA – Beberapa waktu lalu dalam kunjungan Anggota DPR Provinsi Papua, John NR Gobai telah mendengar aspirasi yang disampaikan masyarakat tentang berbagai masukan salah satunya telah melintasi daerah Pigapu kabupaten Mimika. Dirinya penasaran jalan masuk itu, serta diskusi dengan beberapa teman ternyata terdapat sebuah sekolah SMK Negeri 5 Kemaritiman Mimika berlokasi di daerah Poumako, dekat kampung Pigapu.

Hasil kunjungannya, John menyampaikan bahwa SMK Negeri 5 Kemaritiman Mimika itu  jurusan Nautika kapal Penangkap Ikan, menurut dirinya bila melihat dari potensi Mimika yang ada mungkin saja akan bagus bila jurusan di sekolah ini ditambah dengan pengolahan hasil laut.

” Pendidikan ini sangat penting guna menyiapkan sumber daya manusia (SDM)  anak-anak Mimika yang daerahnya adalah daerahnya di pesisir pantai, dan mempunyai filosofi hidup  3S yaitu  sagu, sampan dan sungai.”ucap John [19/05/2023] keterangan persnya.

Menurutnya, ada informasi diperolah fasilitas di sekolah ini kurang memadai, listrik dan lainnya. John menilai kemungkin karena letak sekolah yang agak sedikit jauh, apalagi di ruas jalan ini belum terdapat angkutan umum yang mungkin dapat menjadi sarana transportasi bagi masyarakat dan juga guru serta pelajar di tempat ini.

” Pendidikan seperti ini haruslah dikembangkan agar kita dapat memperoleh sumber daya manusia anak-anak asli Mimika yang mampu mengelola potensi daerah yang ada di daerahnya apalagi terdapat sebuah pangkalan pendaratan ikan di daerah Pomako yang setiap bulannya selalu dapat disinggahi oleh puluhan bahkan ratusan kapal.”jelasnya.

Dirinya juga ketua Poksus adat itu mengatakan kedepannya harus ada sebuah kebijakan daerah terutama untuk pengolahan hasil ikan yang dapat dilakukan oleh anak-anak di sekolah SMK yang kemudian diharapkan juga mereka dapat menciptakan lapangan kerja bila mereka tidak melanjutkan kependidikan yang lebih tinggi.

” Disekolah ini dapat dikembangkan kelas terintegrasi yang dapat memberikan pembinaan ataupun juga kepada pemberdayaan di bidang pengetahuan kepada masyarakat yang ada di sekitar agar mereka juga dapat melakukan pengolahan hasil kelautan yang dapat menunjang pendapatan keluarga.”harapnya.*