Dukung Percepatan Program Vaksinasi Covid-19, JW Mutiara Hitam Nabire Lakukan Konsolidasi

Anggota Jurnals Warga Mutia Hitam Kabupaten Nabire ketika Berpose bersama Dr. Frans Sayori diusai kegiatan mentoring dan evaluasi. (Foto:Dok for papualives.com)

NABIRE – Bertempat di Kantor Yayasan Mutiara Hitam Papua Kampung Nusantara Kimi Nabire, para Jurnalis Warga (JW) Kabupaten Nabire yang merupakan bagian dari pengembangan program dari Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melakukan konsolidasi terkait sosialisasi perceptan program vaksinasi Covid-19 di Nabire.

Jurnalis Warga ini terdiri dari masyarakat biasa yang bukan seorang jurnalis yang terdiri dari tokoh pemuda/perempuan, mahasiswa, guru dan aktivis. Adapun kegiatan workshop ini dilakukan pada tanggal 26 – 27 Februari 2022 pekan kemarin.

Bacaan Lainnya

Pada hari pertama kegiatan ini, para JW dibekali oleh ilmu dasar-dasar jurnalistik dan teknik-teknik penulisan berita serta etika dalam dunia jurnalistik yang dibawakan oleh bapak Erens Rumbobiar dari Redaksi media Papuaposnabire.

Ini merupakan suatu kegiatan yang positif, dan merupakan pengkaderan bagi warga yang ingin berkecimpung didunia jurnalistik, kata Erens. Dia berharap melalui kegiatan ini akan melahirkan jurnalis-jurnalis muda yang akan melanjutkan tongkat estafet para jurnalis yang sudah akan pensiun.

Erens juga mengungkapkan dalam menggali informasi terkait program vaksinasi di kabupaten Nabire ini para jurnalis warga akan mendapatkan tantangan yang cukup besar sehingga beliau akan mendampingi beberapa jurnalis warga dalam menggali informasi terkait program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nabire.

Pada hari kedua pada tanggal 27 Februari 2022, para jurnalis warga dibekali dengan pengetahuan akan program vaksinasi Covid-19 dan perkembangan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Nabire yang dibawakan oleh Dr. Frans Sayori, M. Kes selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire dan juga Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Nabire.

Dalam pemaparannya, Dr. Frans Sayori menyampaikan hingga saat ini sudah 49.859 (54,57%) yang telah divaksin dosis I dari target pencapaian yaitu 91.361. Sedangkan untuk vaksinasi dosis III baru mencapai 1.124 (1,23%). Beliau juga menyampaikan bahwa untuk mencapati target tesebut pemerintah tidak dapat berjalan sendiri dan perlu didukung oleh LSM, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Sehingga melalui kegiatan jurnalis warga ini dapat menjadi mitra pemerintah dalam mensosialisasikan dan memberikan edukasi bagi masyarakat terkait program vaksinasi Covid-19 khususnya di Kabupaten Nabire.
Fred Bundah selaku Koordinator Jurnalis Warga (KJW) wilayah Kabupaten Nabire menyampaikan bahwa program ini tersebar juga di beberapa kabupaten di Propinsi Papua seperti Yahukimo, Jayawijaya dan Jayapura. Ia menambahkan bahwa kredit poin dari kegiatan ini yaitu para jurnalis warganya diseleksi dari kalangan masyarakat biasa yang bukan berprofesi sebagai seorang jurnalis.

Hal ini akan meningkatkan kemampuan menulis dan juga membuat kita agar peduli dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar kita dan bagaimana kita dapat menyampaikan peristiwa-peristiwa tersebut informasi yang akurat dan dapat dipercaya.

Berikan Komentar Anda

Pos terkait