Ekonomi Papua Diharapkan Tumbuh Pesat Usai PON

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musaad di Jayapura. (Foto:HumasProvPapua/PapuaLives)

JAYAPURA – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, tinggal menghitung hari. Pemerintah Provinsi Papua pun mengharapkan ada efek positif di segala lini yang tercipta usai pelaksanaan event nasional tersebut.

Tak terkecuali tumbuh pesatnya perekonomian Papua lewat “kelahiran” Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disaat pelaksanaan PON, yang kemudian bertahan dan kian berkembang di masa mendatang.

Hal ini disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musaad di Jayapura, Kamis.

Ia katakan, saat ini saja sudah mulai “menjamur” jualan kopi secara mobile di pinggir jalan oleh para kawula muda. Bahkan cita rasanya pun tak kalah jauh dengan kopi yang dibuat di hotel maupun cafe terkenal.

“Dengan begitu kita harap semakin banyak lagi generasi muda yang memiliki pilihan hidup untuk menjadi wirausaha muda”.

“Sebab UMKM merupakan lapangan kerja sama yang luas dan terbuka bagi siapa saja jika mereka mau berusaha,” katanya

Masih menurut Musa’ad, sesuai dengan visi gubernur, yakni kebangkitan, kemandirian dan kesejahteraan Papua, maka sudah saatnya pada momentum PON, UMKM bumi cenderawasih sudah harus bangkit dan mandiri di negerinya sendiri.

“Namun hal ini tentu perlu peran serta dari masyarakat pelaku usaha itu sendiri. Karena tidak bisa hanya pemerintah yang mendorong. Namun perlu keinginan yang kuat dari pelaku usaha itu sendiri untuk mengembangkan usahanya,” kata dia. ***

Humas Pemprov Papua

Berikan Komentar Anda