Beranda Daerah Masyarakat Perlu Ketahui Ini Fungsi dan Kegunaan e-KTP

Masyarakat Perlu Ketahui Ini Fungsi dan Kegunaan e-KTP

1999
0
Ilustrasi KTP Elektronik

NABIRE – Belakangan ini ada masyarakat di Papua dan umumnya belum memahami fungi dan kegunaan dan menjadi perbincangan bahkan perdebatan di social media yang sangat keliru. Sehingga media ini akan mengulas sedikit fungsi dan kegunaan e-KTP agar bisa dipahami dan di mengerti semua kalayak umum.

Fungsi dan Kegunaan e-KTP

– Sebagai identitas jati diri.
Berlaku Nasional, sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank, dan sebagainya.

– Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP, Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan.

– Untuk mendukung terwujudnya data base kependudukan yang akurat, sehingga Data Pemilih dalam pemilu & pemilukada yang selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi lagi, dan semua warga negara indonesia yang berhak memilih terjamin hak pilihnya.

– Bahwa KTP Elektronik merupakan KTP Nasional yang sudah memenuhi semua ketentuan yang di atur dalam UU No.23 Thn 2006 & Perpres No.26 Tahun 2009 dan Perpres No.35 Thn 2010, sehingga berlaku secara Nasional. Dengan demikian mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan Swasta, karena tidak lagi memerlukan KTP setempat.

Selain tujuan yang hendak di capai, manfaat e-KTP di harapkan dapat di rasakan sebagai berikut :

– Identitas jati diri tunggal
– Tidak dapat di palsukan
– Tidak dapat di gandakan
– Dapat di pakai sebagi kartu suara dalam pemilu atau pilkada