Beranda Advertorial Ganti nama kabupaten Dogiyai Menjadi kabupaten KAMAPI

Ganti nama kabupaten Dogiyai Menjadi kabupaten KAMAPI

1390
0
John NR Gobai Anggota DPR Papua (Foto:Cepos)

Oleh : John NR Gobai

Pengantar

Dogiyai aslinya adalah nama sebuah gunung tapi Dogiyai juga nama salahsatu jenis anak panah yang beracun.

Nama mempengaruhi kehidupan

Nama Dogiyai yang merupakan nama salahsatu jenis anak panah beracun tentu dogiyai dipakai untuk memanah baik utk keperluan sehari hari atau juga untuk ritual adat atau dalam konflik.

Dogiyai yang merupakan nama anak panah beracun tentu gunanya untuk menunjukan identitas dan jagonya laki laki Mee, tapi dalam dalam kesempatan dan situasi tertentu juga bisa untuk memanah orang lain.
Apakah kemudian nama itu mendorong roh dari manusia di kamuu dan mapia dan orang lain yang bukan asli kamu dan mapia, untuk terus menunjukan kelakuan dan kekuatannya dengan bakar bakar gedung dan terus terjadi kekerasan disana?.
Menurut Salah Satu Putra Dogiyai yang juga Administrator Keuskupan Timika, P.Marten Kuayo, Pr. Ada dua puncak gunung kembar antara lembah Kamu dan Mapia yakni puncak gunung Dogoyai dan puncak gunung Yomiyai. Puncak dogiyai menghadap lembah kamu dan puncak yomiyai ke Mapia dan dipisahkan oleh satu dimi. Cerita masyarakat gunung dogiyai tempat tinggal peu abe dan gunung yomiyai itu tempat ema abe. Arti nama Dogiyai: panah berracun, panah mematikan. Arti Nana yomiyai : madu/ manis, enak. Nama orang atau tempat itu buka hanya asal nama sj tapi itu menunjuk pada identitas, watak, karakter dan kepribadian, Pikirkan sj yg terbaik.

Penutup

Ganti nama Kabupaten Dogiyai biar lebih adem dengan nama Kamapi jadi Kabupaten Dogiyai dirubah menjadi Kabupaten Kamapi