Indonesia itu luas,Tidak Bisa hanya di jangkau dengan Pesawat Bussines Class dan Mobil Mewah
Pewarta: Redaksi
| 532 Dibaca
EDISI TERBIT: 10 Februari 2020
Transportasi darat dan udara di Papua (Foto:Istimewa)

Asmat, Anggota DPR RI Dapil Papua dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marthen Douw berkesempatan untuk mengunjungi salah satu kampung bernama Sagere yang berada di Distrik Auyu Kabupaten Asmat Provinsi Papua saat Kegiatan Kunjungan Daerah Pemilihan (KUNDAPIL) 1 Tahun Anggaran 2020. Ini adalah pengalaman pertama bagi beliau untuk bisa mengunjungi Kabupaten Asmat setelah beliau dilantik menjadi Anggota DPR RI Dapil Papua.

Perjalanan yang cukup melelahkan harus ditempuh untuk tiba di wilayah tersebut. Perjalanan harus ditempuh menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Kabupaten Timika selama 6 jam, lalu harus bermalam satu hari di Timika karena pesawat menuju Kabupaten Asmat hanya tersedia di pagi hari.

Perjalanan dari Kabupaten Timika menuju Kabupaten Asmat di tempuh dengan menggunakan pesawat Twin otter dengan kapasitas 10 penumpang selama 60 menit, lalu perjalanan dilanjutkan menggunakan speed boat (perahu motor) berkapasitas 4 orang selama 6 jam.

Perjalanan memang terasa sangat jauh dan melelahkan, tapi bapak Marthen Douw justru menikmati perjalanan sambil sesekali mengambil satu dua gambar untuk dokumentasi. Beliau mengatakan sebuah ilustrasi. “Indonesia ini diibaratkan sebuah rumah, Presiden adalah Kepala Rumah Tangga, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Papua itu adalah anak. Layaknya keluarga anak yang paling dekat dengan Ayahnya pasti akan mendapatkan perhatian lebih dibandingkan anak yang jauh.

Tapi perlu diingat bahwa sejauh apapun mereka berada, mereka tetaplah anak dan mereka memiliki hak kasih sayang yang sama sebagai anak”. Jika Bapak Presiden kita telah memberikan teladan kepada kita untuk tidak menjadikan keamanan sebagai alasan kita memperoleh kenyamanan, dan kenyamanan membuat kita enggan turun jauh ke lapangan. Beliau berani turun hingga ke pelosok bahkan sampai wilayah yang mungkin belum pernah terjamah. Mereka yang ada di pelosok daerah entah di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTT, Maluku, dan Papua sangat menantikan hanya sekedar untuk berjumpa dan menyapa kita.

Indonesia itu luas, terkadang tidak dapat dijangkau hanya dengan pesawat besar ataupun kendaraan mobil saja. Tapi perlu menempuh jarak yang jauh, medan yang susah dan waktu yang cukup lama. Namun sesusah apapun itu mereka adalah bagian dari Indonesia, potongan kecil dari sebuah Bangsa yang besar. Saya Marthen Douw, “Saya Papua, Saya Pergi untuk Kembali”.

Berikan Komentar Anda