IPP-MKP se-Indonesia Klarifikasi Beasisiswa FKIP Paniai

Yanto Kadepa Ketua IPP-MKP se Indonesia (Foto:Dok pribadinya)

Oleh : Yanto Kadepa

JAYAPURA -Badan Pengurus Ikatan Peduli Pendidikan Paniai Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IPPP-MKP) se-Indonesia resmi  mengklarifikasi soal anggaran beasiswa FKIP Se-Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Paniai melalui Kepala Dinas Pendidikan bahwa sebagai berikut:

1. Tahun 2018 bukan hanya kita mahasiswa keguruan sendiri yang tidak dapat, tapi dengan mahasiswa kesehatan. tapi saya bersama teman-teman sebagian dari keguruan pernah konsultasi ke dinas P&P tetapi  ternyata bapa Yan Yogi selaku Bendahara Dinas Pendidikan dan Ayub Kayame selaku Kepala Dinas Keuangan beda pendapat sehingga saya bersama sebagian teman keguruan dan Pak Yan Bendahara Dinas Pendidikan ketemu Bapak Bupati Paniai dan beliau billang seluruh Mahasiswa keguruan se-Indonesia datang bersama pada tanggal 5 Januari 2019 di kediaman biar kita pecahkan sama-sama dengan kepala Dinas Keuangan dan Bendahara Dinas Pendidikan. Selanjutnya, saya bagi informasi ke teman-teman keguruan melalui group ini, tapi tidak ada yang mau peduli karena mungkin tidak sampai informasi atau bagaimana ? Kurang bisa pastikan. Sampai agenda itu, ditiadakan;

2. Tahun 2019, kita sebagai Badan Pengurus (BP). sudah berjuang sampai dimintai data dari Pemda dan datanya sudah serahkan di Pemda tapi belum ada respon yang jelas dan dari Enarotali Paniai, bulan November tanggal satuan kita mau demo tapi satupun tidak dipedulikan; dan ,

3. Tahun terakhir 2020, datanya saya sudah melampirkan dengan permohonan karena katanya banyak mahasiswa punya masalah di Dikti dan datanya saya sudah serahkan pada bulan september kemarin kepada Bapak Bupati Paniai dan pembagian melalui rekening masing-masing. Sekaligus dengan kesehatan jadi posisinya kita sama-sama menunggu. Karena tugas kami BP. IPPP-MKP se-Indonesia sudah Finish. Sekarang Pemda mau respon kita kapan? kalau ada respon dari Pemda maka kami BP. akan infokan nanti.

Demikian, informasi sebagai klarifikasinya, atas perhatiannya, kami mengucapkan banyak Terimakasih. Tuhan berkati!

Kemudian, ada pernyataan bahwa organisasi IPPP-MKP Se-Indonesia harus dibubarkan? Alasannya apa? Sebagai BP. Kita sudah kerja semaksimal mungkin. Dan satu yang kita semua mengetahui bahwa Karena dengan kontribusi Organisasi tersebut, ada gambaran Pendidikan di Paniai dan saya fikir organisasi ini sudah bikin terobosan baru. Untuk itu, kita perlu mengenal Apa itu Mahasiswa? Dan Kenapa melahirkan Organisasi IPPP-MKP Se-Indonesia?

Kata mahasiswa berhimpun dari dua kata yaitu; maha dan siswa. Yang artinya maha berarti mulia/besar dan siswa berarti terpelajar sehingga mahasiswa adalah panutan bagi masyarakat untuk mewujudkan dimana agen perubahan pada krisis akan semua aspek terlebih pada aspek pendidikan di daerah kita Paniai.

Untuk itu, Kita sebagai mahasiswa perlu menjadi garda terdepan untuk mencoba menyelesaikan krisisnya akan bidang pendidikan. Kita jangan anggap remeh, Pendidikan itu masalah serius.

Karena Pendidikanlah suatu fundamental dan strategis utuk mengatasi masalah dari semua aspek. Dan yang melihat dinamika secara menyeluruh dan independen itu siapa? apabila pemerintah terutama dinas terkait bermasa bodoh?

Setidaknya Tugas kita mahasiswalah untuk membuktikan diman agen perubahan dlm perwujudan visi Perguruan Tinggi adlh Tridarma; Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian dan seterusnya;

Kemudian apa itu, IPPP-MKP Se-Indonesia?IPPP-MKP Se-Indonesia adalah kepanjangan dari Ikatan Peduli Pendidikan Paniai Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Seluru Indonesia.

Organisasi IPPP-MKP Se-Indonesia ini perhimpunan dari anggotanya adalah hanya mahasiswa FKIP Se-Indonesia asal kabupaten Paniai.

Organisasi ini, punya Rayong di setiap kota studi, yaitu;
1. Jayapura adlh IPPP-MKP se-Jayapura,
2. Nabire adalah IPPP-MKP Se-Nabire,
3. Manokwari adlh IPPP-MKP se-Manokwari,
4. Timika adlh IPPP-MKP Se-Timika,
5. Sulawesi adalah IPPP-MKP Se-Sulawesi
6. Semarang adlh IPPP-MKP Semarang.
7. Deiyai adalah IPPP-MKP Se-Deiyai
8. Merauke adalah IPPP-MKP Se-Merauke
9. Dll…

*.Semua rayong diakomodir, dikontrol dan diawasi dibawa payung Organisasi IPPP-MKP Se-Indonesia sebagai induk dari ikatan Rayong.

Misi Organisasi IPPP-MKP Se-Indonesia adlh,
1. agar mahasiswa FKIP Se-Indonesia bersatu untuk menyelamatkan pendidikan paniai baik secara Sarana maupun prasarana yg sedang berkendala.

2. Agar Mahasiswa FKIP Se-Indonesia adlh calon guru sebagai upaya pembangunan nilai-nilai positif sehingga saling bertoleransi dan saling melengkapi kerja antara pemerintah dan mahasiswa.

3. Agar mahasiswa FKIP Se-Indonesia, tidak lagi ganggur lagian sulit masuk di Jurusan keguruan dan Ilmu Pendidikan, dalam hal ini, meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah Paniai, Pihak lembaga akademik dan mahasiswa FKIP Se-Indonesia asal Paniai.

Agar bisa tercapai pada, Visi Organisasi IPPP-MKP Se-Indonesia adalah menuju suatu revolusi pendidikan agar daerah Paniai menjadi daerah maju akan daya berkompetisinya.

Kesimpulan Organisasi IPPP-MKP Se-Indonesia; pendidikan adalah kunci utama dalam segala pembangunan, maka dahulukan menyelesaikan persoalan pendidikan agar demi kemajuan daerah Kita Paniai.

Penulis adalah Ketua IPPP-MKP Se-Indonesia  dan juga  Mahasiswa Fakultas FKIP Universitas Cenderawasih Jayapura

 

Berikan Komentar Anda