Jalin Kerjasama, Binmas Noken Polri Silaturahmi ke LMA Kab.Lanny Jaya
Pewarta: Redaksi
| 98 Dibaca
EDISI TERBIT: 21 Maret 2020
Satgas Binmas Noken Polri wilayah Kabupaten Lanny Jaya lakukan silaturahmi ke Kantor Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Distrik Tiom Kab.Lanny Jaya (Foto:Istimewa)

Lany Jaya, Guna terjalinnya kerjasama antara Polri dengan Tokoh Adat, Satgas Binmas Noken Polri wilayah Kabupaten Lanny Jaya lakukan silaturahmi ke Kantor Lembaga Masyarakat Adat (LMA) di Kampung Palunggame Distrik Tiom , Jumat (20/03/2020) Pagi.

Kapolres Lanny Jaya AKBP Murjatmo Edy, S.I.K., S.H melalui Aipda Iwan Ngabalin selaku Personil Satgas Binmas Noken Polri wilayah Kab.Lanny Jaya, dirinya bersama Brigpol Piter F. Wayoi lakukan silaturahmi ke Kantor LMA Kab.Lanny Jaya guna menjalin kerjasama antara Polri dan Para Tokoh Adat.

Aipda Iwan menuturkan, di Kantor LMA pihaknya menemui Bpk. Yele Wenda (ketua LMA kab. Lanny Jaya), Bpk. Kelius Wenda (ketua LMA distrik Balingga Barat), Bpk. Teka Kogoya (LMA distrik Tiom), Bpk. Matius Kogoya (tokoh pemuda distrik Tiom), Bpk. Arinus Wenda (tokoh adat distrik Tiom) dan Ibu Alpina Wenda (tokoh perempuan distrik Tiom).

“Maksud dan tujuan silahturahmi ini untuk menjalin kerjasama Polri dan para Tokoh Adat dalam menjaga wilayah Kab. Lanny Jaya untuk tetap aman dari gangguan saudara-saudara kita yang masih bersebelahan paham selain itu tidak menutup kemungkinan bisa mengajak mereka yang masih bergabung dengan kelompok KKB untuk kembali ke pangkuan NKRI,” Ujar Aipda Iwan.

Ditempat yang sama, Bpk. Yele Wenda selaku Ketua LMA Kab.Lanny Jaya juga mengatakan, pihaknya berharap kedepan agar pihak keamanan dapat berkoordinasi bersama mencari jalan keluar penanganan masalah keamanan di Kab.Lanny Jaya. Dimanan menurut dirinya program Binmas Noken seperti pembinaan di bidang pertanian dan peternakan perlu dilaksanakan di Distrik Balingga dan Malagaineri karena masyarakat disana belum ada kerjasama dengan pihak keamanan mengingat disana juga merupakan basis kelompok KKB.

Bpk. Kelius Wenda juga menyampaikan pihaknya bersama tokoh adat maupun tokoh gereja mendukung pembangunan di kab. Lanny Jaya namun KKB ini sering lakukan gangguan keamanan sampai sekarang bukan hanya di lanny jaya jaya untuk itu pihaknya bersama Lembaga Adat juga berusaha menyadarkan mereka, karena perbuatan mereka dengan menghilangkan nyawa orang itu dilarang keras. Tentang apa yang disampaikan dan diberikan oleh petugas Binmas Noken seperti melakukan kerjasama dengan tokoh adat, gereja sudah berjalan baik selama ini tolong dijaga dan tidak melanggar norma adat budaya.

Ibu Alpina Wenda yang merupakan Tokoh Perempuan juga menyampaikan sangat mendukung program Binmas Noken dalam membina masyarakat, kalau bisa ada program lain lagi khususnya kaum ibu seperti kerajinan tangan membuat noken yang laku keras dipasar sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat.

Diakhir silaturahmi, Aipda Iwan Ngabalin menegaskan bahwa pihaknya akan menyampaikan segala saran dan masukan kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti, dan tetap berharap kepada para tokoh masyarakat untuk bersama dengan pihak keamanan tetap menjaga dan memelihara situasi kamtibmas terus aman dan kondusif di Kab.Lanny Jaya.

Berikan Komentar Anda
Share Button