Wujudkan Paniai Kota Beriman, 526 Pekerja Kebersihan Dikerahkan

  • Whatsapp
Yason Pigome, Kadis Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Paniai ketika ditemui diruang kerjanya. (Foto: Jemi/PapuaLives)

PANIAI – Dalam rangka mewujudkan kabupaten Paniai menjadi kota beriman. Menciptakan kebersihan dari sampah merupakan bagian dari iman yang harus dibuktikan dengan tindakan. Hal itu diungkapkan Yason Pigome selaku Kepada Dinas (Kadis) Dinas Kebersihan dan Lingkungan, Kabupaten Paniai ketika ditemui wartawan papualives.com di ruang kerjanya, Madi, Kabupaten Paniai.

” Semua orang yang hidup di Paniai harus sadar akan membuang sampah di sembarang tempat. Akibat membuang sampah membahayakan bagi manusia ekosistem air, sungai terjadi kedangkalan dan lainnya.”ungkapnya, [05/09/2022] pagi.

Lanjutnya, Mewakili Pemda Paniai dirinya mengajak masyarakat menjaga kebersihan dan keindahan adalah tugas pemerintah namun harus ada kesadaran juga dari masyarakat. Menurutnya, sejak dirinya dilantik pihaknya telah mengupayakan perbaikan sistem perkerjaan dan sistem pembayaran upaya kerja bagi pekerja.

Menurut Kadis, Pigome saat ini ada sebanyak 526 Pekerja Kebersihan yang dikerahkan dari dibagi menjadi 10  kelompok wilayah Madi 4 kelompok, wilayah Enarotali 6 kelompok dengan jumlah 50 orang perkelompok.

” Kami perbaiki sistem pembayaran pola lama dengan sistem pola baru. Sistem kerja kami sudah ganti juga.”paparnya.

Kepada semua pihak, Yason Pigome menyampaikan siapapun dia yang hidup di kabupaten Paniai dengan kesadaran mengumpulkan sampah di depan rumah dan buang ditempat pembuangan sampah.

” TPA di Etenedimi Desa, Ipakiye distrik Paniai Timur. Kalau tidak menaruh depan rumah, maka petugas pembersihan sampah akan mengangkut sampah dalam satu minggu.”ujarnya.

Informasi dihimpun, Pemda Paniai akan mengupayakan ada tiga TPA kontenyel sampah dua di kota Enarotali dan satu di kota Madi. Pigome juga himbau warga agar buang sampah pada tempat telah disiapkan petugas atau bisa juga buang di TPA umum.

” Selain itu pemerintah daerah, dinas lingkungan hidup menyiapkan atribut bagi pekerja 526 orang yaitu sarungtangan, sepatu lumpur, masker, lingis dan dua truk truk angkut sampah untuk membersihkan sampah paniai kota indah dan bersih.”pungkasnya.*

Berikan Komentar Anda

Pos terkait