Kebakaran 1 unit rumah di Tolikara, Ini Kronologisnya

kebakaran 1 unit rumah milik an. Akuino Uropmabin. (Foto:Rilispers/PapuaLives)

Jayapura , Pada hari Sabtu tanggal 02 Mei 2020 pukul 00.20 Wit bertempat di Kampung Balusu Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang telah terjadi kasus kebakaran 1 unit rumah milik an. Akuino Uropmabin.

Kronologis Kejadian:
Pada hari dan tanggal tersebut diatas pukul 00.20 Wit, dari keterangan saksi saat itu sedang berkumpul di ruang tamu, tiba-tiba saksi melihat cahaya terang yang berasal dari daerah dapur, kemudian saksi mendatangi daerah dapur dan melihat api sudah menyala membakar sebagian dinding dapur.

Melihat api tersebut saksi berteriak “Kebakaran”. Secara spontan dan panik para saksi dan beberapa masyarakat lainya yang berada di dalam rumah berlari keluar untuk menyelamatkan diri. Material rumah yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat membesar dan menghanguskan seluruh bagian rumah.

Pukul 00.30 Wit anggota piket jaga Polres Pegunungan Bintang mendapat informasih dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran di Kampung Balusu Distrik Oksibil, selanjutnya anggota langsung menuju ke TKP.

Pukul 00.40 Wit anggota piket jaga Polres Pegunungan Bintang tiba di TKP kemudian membantu memdamkan api dengan alat seadanya.

Pukul 00.50 Wit Pemadam kebakaran tiba di TKP selanjutnya melakukan pemadaman yang di bantu oleh anggota dan masyarakat Kampung Balusu.

Pukul 01.00 Wit api berhasil di padamkan.

Identitas pemilik rumah:
1. Akuino Uropmabin, laki-laki, warga Kampung Balusu.

Identitas Saksi:
1. Timotius Taplo (50), laki-laki, warga Kampung Balusu;
2. Anike Tepmul (50), perempuan, warga Kampung Balusu;
3. Toni Kaladana (16), laki-laki, warga warga Kampung Balusu;

Tindakan kepolisian yang dilakukan yakni:
Menerima laporan, mendatangi TKP, mengamankan TKP, bersama warga membantu memadamkan api, memeriksa saksi-saksi, melakukan penyelidikan. Kasus tersebut telah ditangani oleh Sat Reskrim Polres Pegunungan Bintang.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban Jiwa, untuk kerugian materiil masih dilakukan pendataan oleh personil dilapangan.

Sementara untuk penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan oleh Satuan Reskrim Polres Pegunungan Bintang

Dihimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada agar tidak terjadi kebakaran, untuk selalu memperhatikan keamanan dalam rumah dengan mengecek kembali instalasi listrik dan benda-benda elektronik lainnya yang dapat memicu terjadinya kebakaran serta tidak menggunakan bahan-bahan yang mudah terbakar dan mematikan kompor setelah digunakan.

Berikan Komentar Anda