Beranda Advertorial Kenal Pamit Ka BNN, Tegaskan Komitmen Berantas Penyalahgunaan Narkotika

Kenal Pamit Ka BNN, Tegaskan Komitmen Berantas Penyalahgunaan Narkotika

1346
0

Jakarta – Irjen Pol. Marthinus Hukom, kini menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional RI menggantikan Komjen Pol. Petrus R. Golose yang memasuki masa purna tugas.

Irjen Pol. Mathinus Hukom yang resmi menjabat sebagai kepala BNN ini, sebelumnya telah dilantik oleh Presiden RI, Joko Widodo pada Jum’at (8/12/2023). Sementara, Komjen Pol. Petrus R. Golose telah purna tugas pada 1 Desember 2023 lalu.Serah terima jabatan ditandai dengan penyerahan Pataka dan Tongkat Komando pada upacara penyerahan Pataka dan Tongkat Komando di halaman Balai Besar Rehabilitasi BNN Lido Cigombong, Kabupaten Bogor, Selasa (12/12/2023).

Marthinus bicara mengenai penyalahgunaan narkotika. Dia memuji angka prevalensi penyalahgunaan narkotika yang menurun pada masa kepemimpinan Pertrus.

“Saat ini angka prevalensi penyalahgunaan narkotika berdasarkan hasil survei, prevalensi tahun 2023 mengalami penurunan dari 1,95 persen atau 3,6 juta orang di tahun 2021 dan menjadi 1,73 persen di tahun 2023 atau 3,3 juta orang,” jelasnya.

“Kita semua patut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia beserta jajaran di bawah kepemimpinan kakakku tercinta Komjen Purn Petrus Reinhard Golose yang telah bekerja sama dan berkolaborasi antarkedeputian,” lanjutnya.

Negara ini, milik generasi muda sehingga harus menjaga generasi muda agar mereka tidak terperangkap dalam penyalahan narkoba.Dan pada akhirnya, baik secara individu maupun nasional mereka dan negara ini akan terganggu.

Marthinus berkomitmen melanjutkan apa yang telah dilakukan Petrus. Dia menegaskan narkoba merupakan bahaya serius bagi bangsa.

“Narkotika adalah bahaya yang serius, maka saya berjanji bersama-sama kita akan perangi narkotika, bersama-sama kita akan perangi penyalahgunaan narkotika siapapun di belakang mereka,” ucap Marthinus.

Marthinus memohon dukungan dan pengawasan atas kinerjanya. Dia mengatakan dukungan para senior amat berarti baginya.

“Ini komitmen saya Jenderal, senior-senior yang selama ini membimbing saya dan saya mohon dibimbing dan juga diawasi karena bahaya narkotika bukan hanya menyerang saraf, menyerang badan. Sebagai pejabat baru saya membutuhkan dukungan, kerja sama dan peran aktif para pejabat,” jelasnya.

Hal itu disampaikan Marthinus dalam acara kenal pamit Kepala BNN yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2023) malam. Turut hadir dalam acara itu Kepala BNN sebelumnya, Petrus R Golose.

Diketahui, Irjen Pol. Mathinus Hukom sebelumnya menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 88 Antiteror Polri sejak 2020. Pria kelahiran 30 Januari 1969 itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian Angkatan 1991.Sebagian besar karirnya banyak dihabiskan di bidang intelijen dan antiteror. Dirinya menduduki jabatan penyidik bidang investigasi saat mulai berkarir di Densus 88.

Ia juga pernah ikut dalam operasi penangkapan pelaku terorisme bom Bali tahun 2002, Ali Imron dan pernah pernah dua kali menjabat sebagai Wakadensus pada 2015 dan 2018.

(JNI)