Kerukunan Masyarakat Adat Tabi Di Nabire Terbentuk

Susana sidang dalam Gelar Musda ke-1 BP-KKBJ di Nabire (Foto:Frans/PapuaLives)

NABIRE- Dalam rangka mempererat silaturahmi antar sesama masyarakat adat Tabi yang berada di Kabupaten Nabire. Akhirnya Badan Pengurus Kerukunan Keluarga Besar Jayapura (BP-KKBJ) di Nabire resmi berganti nama menjadi Ikatan Kerukunan Masyarakat Adat Tabi (IKMAT) Kabupaten Nabire. hal itu disahkan dalam kesepakatan Musda ke-I BP-KKBJ di Kabupaten Nabir. Bertempat di Aula Gereja GIDI , Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Oyehe, Jumat (04/12/2020).

Kegiatan yang belangsung satu hari penuh itu membahas keberlangsungan kerukunan , komisi-komisi dan pula legalitas kerukunan yang akan di daftarkan ke Kesbangpol. Dalam kesempatan itu dihadiri Puluhan perwakilan-perwakilan masyarakat adat Tabi yang berada di wilayah Nabire.

Ketua Panitia Drs. Yustus Paisey, MM ketika memberikan keterangan kepada wartawan mengatakan tujuan dari Musda ini adalah konsolidasi organisasi Ikatan  Kerukunan Masyarakat Adat Tabi di Nabire.

” Konsolidasi ini Organisasi meliputi pendididikan, keuangan , ekonomi, kesehatan dan pemberdayaan wanita. Diharapkan kerukununan Tabi ini jumlah yang cukup besar. Sehingga wadah ini mampu menampung aspirasi.” jelasnya (04/12/2020) sore.

Ketua terpilh Thomas Hamadi,S.IP berpose bersama Ketua Panitia disela-sela Musda pertama. (Foto:Frans/PapuaLives)

Yustus menambahkan Ikatan Kerukunan Masyarakat Adat Tabi di Nabire cukup banyak dan biasa disebut Mamberamo Tami. “ Dari mamberamo sampai ke tami merupakan jumlah yang sangat besar sehingga perlu ada satu wadah untuk menampung aspirasi masyarakat,” tuturnya.

Sejauh pantauan media ini, Ketika usai membahas komisi-komisi acara dilanjutkan dengan pemilihan ketua IKMAT periode tahun 2020-2025 dalam hal proses pemilihan yang diikuti tiga orang tersebut. Akhirnya Thomas Hamadi,S.IP terpilih kembali terpilih menjadi ketua  IKMAT yang sebelumnya menjabat Ketua BP-KKBJ periode 2015-2020.

” Kerukunan ini akan menjadi badan hukum yang kedepan akan bermitra dengan pemerintah. Oleh karena itu selama menjabat ketua umum banyak hal yang telah dilakukan bagaimana menjaga kerukunan ini tetap solid,aman , tenang dan mengakomodir semua kebutuhan yang ada pada organisasi kemasyarakatan ini.”pungkasnya.*

Berikan Komentar Anda