Kompolnas RI Tinjau TKP Kasus Pembunuhan di Kabupaten Mimika

Tampak rombongan Kompolnas RI memantau tempat kejadian. (Foto: Frans/PapuaLives)

JAYAPURA – Ketua Harian Kompolnas RI Benny Mamoto didampingi Dir Reskrimum Polda Papua Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K, M.H dan Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra meninjau TKP pembunuhan dengan cara mutilasi di Jalan Budi Utomo Ujung, Jumat (2/9/2022).

Tiba dilokasi, rombongan Kompolnas RI memantau tempat kejadian serta mendengar keterangan yang diberikan oleh Kapolres Mimika serta Dir Reskrimum Polda Papua.

Bacaan Lainnya

Usai meninjau TKP, rombongan kemudian mendengarkan paparan penanganan kasus serta penunjukan barang bukti oleh Sat Reskrim Polres Mimika yang bertempat di Polres Mimika mile 32 yang turut dihadiri Komnas HAM Provinsi Papua Frits Ramandey.

Benny Mamoto dalam kesempatannya mengatakan pihaknya hadir di Kabupaten Mimika sebagai pengawas eksternal Polri dalam rangka melakukan supervisi penanganan kasus pembunuhan disertai mutilasi.

“Tadi pagi kami telah meninjau ke TKP, dimana telah terjadi penembakan, pembunuhan dan juga perampasan uang. Kami juga diberikan kesempatan untuk menerima paparan atau gelar perkara oleh Kasat Reskrim dan disaksikan Komnas Ham Provinsi Papua,” terang Benny.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Polri dalam upaya mengungkapan khasus tersebut yang mana proses penyidikan Polri sudah menggunakan pendekatan Scientific Crime Investigation, sehingga dengan bukti-bukti yang ada dan didukung keterangan para saksi maka proses pembuktian di pengadilan diharapkan akan jauh lebih lancar.

“Ini adalah langkah transparansi Polri atas penanganan kasus ini, kami mengapresiasi karena dengan transparansi kasus ini maka kita berharap penanganan nantinya dapat obyektif dan sesegera mungkin untuk dapat dilimpahkan ke kejaksaaan, sehingga masyarakat nantinya akan bisa mengawal proses persidangan sehingga dapat terjawab apa yang sebenarnya terjadi,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, terhadap para pelaku yang telah ditangkap pihaknya tentunya mendorong agar penanganan kasus tersebut sesegera mungkin dapat cepat diproses. Jadi diharapkan dengan dukungan penuh Polda Papua dalam hal ini Dit Reskrimum serta melibatkan unsur TNI atau POM, maka Kapolres Mimika dapat secara optimal menuntaskan kasus ini.

“Kasus ini menjadi atensi publik bahkan bapak presiden. Disamping itu penuntasan kasus ini dengan memburu DPO perlu diintenskan, kami juga berharap perlu ada langkah-langkah antisipasi dalam rangka meminimalisir dampak kasus ini, sekali lagi kami berikan apresiasi tinggi atas kinerja yang telah ditunjukan, dan semoga kasus ini segera tuntas dalam penanganan Polri,” tandas Benny Mamoto.

Berikan Komentar Anda

Pos terkait